Sabtu, 21 Juli 2012

14 Amalan-Amalan Positif Untuk Kita Jalani Di Bulan Ramadhan





Dibulan Ramadhan ini kiranya tiap detik jantung kita berdetak....selalu diiringi dengan hati yang penuh dengan kepasrahan kepada Allah Swt untuk memohon ampunan dan lindungan dari Nya.

Hari-hari yang kita jalanipun...senantiasa diisi dengan pengharapan pahala & Ridho dari Allah Swt melalui amalan-amalan positif yang harus kita lakukan.




Berikut Amalan-amalan Positif Memburu Pahala Allah dibulan Ramadhan :


Membaca Alqur’an
Menurut suatu riwayat malaikat Jibril datang kepada Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan wahyu dari Allah dan membacanya di hadapan Nabi. Dalam Islam itu disebut tadarusulqur’an. Alqur’an itu membacanya berpahala. Apalagi dengan memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya. Apalagi di 10 hari terakhir maka Nabi Muhammad SAW akan semakin memperbanyak kegiatan penting seperti membaca Alqur’an.

Segera Berbuka dan Mengakhirkan Waktu Sahur
Islam tidak akan menyiksa ummatnya dengan perintah puasa menahan lapar dan haus. Salah satu contohnya adalah sunnah bagi yang puasa untuk segera berbuka jika sudah sampai waktunya ( adzan maghrib). Juga sunnah hukumnya untuk mengakhirkan waktu makan sahur. Dari segi kesehatan tentu hal ini sangat bermanfaat sekali. Di waktu sahur akhirkan waktunya sehingga besak siangnya tidak begitu perih lambung kita menahan lapar. Sedangkan bila adzan maghrib tiba segerakan makan / berbuka puasa agar lambung/perut besar yang telah menahan lapar seharian segera terobati.


Bangun di tengah Malam Untuk Shalat Sunnah
Dalam urusan ibadah kita wajib mencontoh Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah jika bulan ramadhan Nabi selalu dan sering-sering bangun malam terutama di 10 hari terakhir bulan ramadhan yaitu malam ke 21 hingga 30. Kenapa? Karena waktu itu ada suatu malam yang sangat istimewa untuk ummatnya yang berpuasa malam turunnya Lailatul Qodar hingga terbit fajar. Lailatul Qodar hanya diturunkan kepada Nabi Muhammad dan ummatnya dan tidak diturunkan pada nabi dan ummat sebelum Nabi Muhammad.

I’tikaf Di Masjid
I’tikaf artinya adalah diam/duduk di masjid untuk berdzikir kepada Allah. Kegiatan Nabi pada malam 10 terakhir adalah I’tikaf di masjid dan membangunkan seluruh keluarganya untuk I’tikaf di masjid.

“Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma bercerita, bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam beri’tikaf pada sepuluh hari dari bulan Ramadhan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Shalat Tarawih
Rasulullah Saw. bersabda: “Barang siapa yang menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”
Sebuah riwayat mengatakan bahwa Nabi Saw. pernah shalat 11 rakaat, terkadang 13 rakaat atau kurang dari itu. Ketika ditanya tentang shalat malam beliau bersabda: “Dua rakaat dua rakaat, jika seseorang diantara kalian khawatir masuk waktu subuh hendaklah shalat satu rakaat witir.”


Memberi Buka Puasa (tafthir shaim)
Hendaknya berusaha untuk selalu memberikan ifthar (berbuka) bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk air ataupun sebutir korma sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:" Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun". (Bukhari Muslim)


Bersedekah
Rasulullah Saw. bersabda: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmizi).
Dan pada akhir bulan Ramadhan Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa yang dilakukannya.


Umroh
Ramadhan adalah waktu terbaik untuk melaksanakan umrah, karena umroh pada bulan Ramadhan memiliki pahala seperti pahala haji bahkan pahala haji bersama Rasulullah Saw.

“Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma bercerita, ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pulang dari hajinya, beliau berkata kepada Ummu Sinan Al Anshariyyah: “Sesungguhnya berumrah dibulan Ramadhan mengganti (/senilai) haji bersamaku”. (HR. Bukhari dan Muslim)


Memperbanyak Doa
Orang yang berpuasa ketika berbuka adalah salah satu orang yang doanya mustajab. Oleh karenanya perbanyaklah berdoa ketika sedang berpuasa terlebih lagi ketika berbuka. Berdoalah untuk kebaikan diri kita, keluarga, bangsa, dan saudara-saudara kita sesama muslim di belahan dunia.

“Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tiga doa yang tidak ditolak; doa orangtua, doa seorang yang berpuasa dan doa seorang musafir”. (HR. Al Baihaqi dan dishahihkan di dalam kitab Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah, no. 1797)


Memperbanyak Dzikir/sholawat, dan istighfar
Memperbanyak dzikir (menyebut nama Allah) bersholawat dan istighfar untuk memohon ampunan dari segala dosa yang pernah kita dilakukan. Hal ini bisa dibaca dalam hati, dimobil atau bahkan saat kita sedang berjalan.


Meninggalkan Perkataan Kotor
Menghindari perkataan kotor pada saat sedang menunaikan ibadah puasa atau perkataan yang tidak bermanfaat, agar terjaga dari batalnya pahala puasa


Mempererat Tali Silaturrahmi
Meningkatkan tali ukhuwah dengan sesama serta perbanyak mengikat tali persaudaraan, seperti berkunjung ke sanak saudara, jika tidak memungkinkan bisa dengan SMS, telepon dll.


Tetap Duduk di Masjid Setelah Sholat Shubuh Berjamaah, Sampai Terbitnya Matahari
Nabi Muhammad Salallahu alaihi wa sallam bersabda:
”Artinya : Barang siapa yang solat subuh berjama’ah lalu tetap duduk setelahnya, berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, lalu dia solat dua raka’at maka dia mendapat pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna” (Hadits Riwayat Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani rahimahullah)


Mencari Lailatul Qadar
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
”Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (Al-Qodr: 1-5)

Nabi Muhammad Salallahu alaihi wa sallam bersabda:
”Barang siapa yang mendirikan qiyamu lail pada saat Lailatul Qadar kerana iman dan mengharap pahala Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Hadits Riwayat Imam Bukhori dan Imam Muslim)
Adapun qiyamu lail yang dimaksud adalah menghidupkan malam tersebut dengan solat tarawih, membaca Al -Qur’an Al-Karim, berdoa, berdzikir, beristighfar dan bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala .





Jangan jadikan puasa mu kali ini hanya akan menghasilkan Lapar dan Dahaga saja.......
Sangat disesalkannn.....













Review : muktiblog, alumningruki, lensa berita, moslemsunnah, ainisastra
Tags : amalan-amalan yang baik saat berpuasa, amalan positif yang harus dilakukan saat menjalani ibadah puasa, kegiatan positif yang harus dijalankan saat berpuasa, kegiatan ibadah yang dijalani saat melakukan puasa, membaca al-quran dibulan ramadhan, mencari pahala sebanyak-banyaknya dibulan ramadhan, amalan-amalan sunnah dibulan ramadhan, amalan sunah, amalan yang baik untuk kita jalani saat bulan ramadhan kali ini