Rabu, 18 Juli 2012

5 Tips Menyelam yang Baik Ala "Donny Damara"

Donny Damara
Foto : Ist
 Siapa yang tak kenal dengan aktor Donny Damara (46) ini. Aktor yang berhasil menyabet penghargaan Best Actor di Asian Film Awards ke-6 ini adalah seseorang yang suka berpetualang. Selain itu, Donny Damara juga ternyata mempunyai hobi diving. Sudah hampir seluruh perairan yang ada di Indonesia ia selami.

Dalam perbincangan dengan Ghiboo.com, Kamis (29/03), Donny menuturkan beberapa tips untuk melakukan kegiatan diving agar aman dan nyaman.

1. Safety first

Dalam kegiatan diving safety tetap nomor 1 biar semuanya aman. Hal ini adalah merupakan yang pertama dan paling utama. Selain itu keamanan sangat wajib diperhatikaan saat menyelam, "jangan sampai Anda terpesona dengan puluhan terumbu karang hingga tubuh lelah dan menganggu kemanan Anda dalam air," ujar Donny.

Selain itu, Donny menyarankan untuk melakukan pemanasan sebelum diving untuk mecegah badan dari kram.
2. Perencanaan yang baik

Dengan melakukan perencanaan yang tepat dan cermat, kegiatan diving Anda akan lebih menyenangkan dan berjalan dengan lancar. Selain itu, dengan perencanaan yang baik, Anda dapat memesan tempat lebih dulu dan menyiapkan biaya perjalanan dengan rinci.

"Biar waktu diving lebih efisien efisien dan efektif, selalu rencanakan divingnya," ucap Donny.

3. Hargai alam

Kealamian dan keasrian lingkungan bawah laut saat Anda diving harus tetap dijaga. Dengan menjaga keasrian lingkungan bawah laut, berarti Anda sudah menjaga ekosistem di laut tersebut.

"Jangan sampai kita merusak terumbu karang, mengambil ikan-ikan laut untuk dibawa pulang, dan mengambil pasir untuk kenang-kenangan," ungkap Donny.

4. Nikmati setiap detil bawah laut

Nikmati setiap tempat diving Anda, serta jangan pernah bosan jika menyelam di titik yang sama. Pada satu tempat menyelam, dijamin akan banyak ribuan pemandangan yang berbeda-beda.

"Banyak penyelaman yang berulang di satu titik, maka jangan pernah bosan untuk menyelam di titik yang sama," papar Donny.

5. Berbagi pengalaman

Berbagilah pengalaman diving Anda ke teman-teman atau keluarga. Ceritakan keindahan terumbu karang, ikan-ikan laut, air yang jernih dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Mungkin, ada teman Anda yang tertarik untuk mencoba diving dan mengajak Anda untuk diving bersama.

"Dengan banyaknya teman akan membuat biaya diving lebih murah, karena biaya bisa ditanggung bersama," ucap donny. ​

Ghiboo.com