Minggu, 08 Juli 2012

Inilah 10 Sarapan Khas Orang Indonesia

Kebanyakan orang sering melewatkan sarapan dan menganggapnya sepele, terutama bagi mereka yang selalu terburu-buru berangkat beraktifitas. Nah, bila anda termasuk orang yang terbiasa melewatkan sarapan, ada baiknya anda mulai membiasakan diri untuk makan pagi agar stamina anda lebih prima saat beraktifitas. Jenis-jenis sarapanpun berbeda-beda setiap orangnya, beberapa orang dari luar Indonesia mengganggap sarapan adalah makanan-makanan seperti roti, susu dan cereal. Tetapi untuk orang-orang daerah, Jawa misalnya, sarapan adalah memakan nasi dan lauknya. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam menu sarapan yang berbeda-beda disetiap daerah, apa saja menu sarapan yang ada di Indonesia?
  1. Nasi kuning
Nasi kuning adalah makanan khas dari Indonesia. makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama kunyit, santan dan rempah-rempah, hasilnya adalah nasi berwarna kunging yang pulen. Biasanya nasi kuning disajikan bersama berbagai macam lauk seperti telur, kering kacang, sambal goring hati dan abon. Oiya, dalam tradisi Indonesia sendiri, nasi kuning sering dikaitkan dengan kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada syukuran dan berbagai momen bahagia seperti kelahiran, pertunangan dan pernikahan.

  1. Nasi pecel
Nasi pecel adalah makanan khas kota Madiun, Jawa Timur yang terbuat dari nasi putih dengan lauk rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi dan krai (sejenis mentimun) atau sayuran lain yang dihidangkan bersama siraman sambel pecel di atasnya. Biasanya, nasi pecel juga dinikmati bersama peyek, gorengan tempe, tahu atau sate usus dan sate telur puyuh. Bila anda perhatikan, konsep hidangan nasi pecel ini memiliki kemiripan dengan salad ala Eropa, yakni sayuran segar yang disiram dengan mayonnaise.
  1. Lontong sayur
Sarapan dengan lontong sayur akan mudah anda temui di daerah Jakarta dan Jawa Barat. Pada dasarnya lontong sayur adalah lontong yang diberi kuah santan, kacang panjang dan bawang goreng, biasanya lontong sayur juga memiliki berbagai pilihan lauk seperti tahu dan tempe goreng, ayam dan ikan. Sampai saat ini jenis lontong sayur juga sangat banyak, mulai dari lontong sayur medan sampai lontong sayur cap gomeh yang lezat.
  1. Mie
Meski banyak sekali merk mie instan yang beredar di Indonesia, namun Indomie goreng masih tetap menjadi favorite banyak orang. Dengan cara membuatnya yang praktis, cepat, mudah dan murah mie goreng juga memiliki rasa yang enak, apalagi bila anda menyajikannya dengan berbagai bahan tambahan seperti telur, ayam, bakso, sosis dan nugget.
  1. Nasi krawu
Nasi krawu adalah makanan khas kota Gresik yang terbuat dari campuran antara nasi dan daging sapi dengan kadar minyak yang cukup tinggi. Biasanya nasi krawu yang sudah lezat tanpa lauk ini juga ditambah dengan jerohan seperti hati, rempelo dan usus yang gurih.
  1. Nasi kucing
Nasi kucing atau dalam bahasa Jawa juga disebut sego kucing, sebenarnya bukan makanan dengan menu tertentu. Nama nasi kucing sendiri berasal dari penyajian dan porsinya. Dinamakan nasi kucing karena dibungkus dengan daun pisang dan Koran dalam porsi yang sedikit seperti menu untuk makanan kucing. Lauk didalam tiap bungkus nasi kucing sendiri berbeda-beda, ada tempe kering, teri goreng, sambal goreng, babat, bandeng, usus, cakar dan kepala ayam, serta tak lupa juga sate telur puyuh. Nasi kucing akan semakin nikmat kalau dibakar dahulu sebentar sebelum disajikan. Makanan ini sangat populer di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur karena selain rasanya yang enak, harganya pun tergolong sangat murah.
  1. Nasi uduk
Nasi uduk adalah nama sejenis makanan yang terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang diparut serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serau dan merica. Kemudian, nasi yang sudah gurih ini akan dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal kacang. Rasanya? Sudah pasti sangan lezat.
  1. Bubur Ayam
Anda pasti sering menemukan bubur ayam yang hanya dijual dipagi hari. Ya, makanan dari bahan dasar bubur yang diberi suwiran ayam, daun bawang dan bawang goreng serta kerupuk ini memang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.
  1. Nasi liwet
Nasi liwet adalah makanan khas Solo yang terbuat dari nasi yang dimasak gurih seperti nasi uduk yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran daging ayam dan areh, semacam bubur gurih dari kelapa. Di Solo, nasi liwet biasanya dapat dimakan setiap waktu, mulai dari sarapan, makan siang sampai makan malam. Uniknya, nasi liwet biasanya dijajakan keliling dengan bakul dari bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya setiap pagi, atau jika dijual di warung lesehan, biasanya nasi liwet dimakan menggunakan tangan, bukan sendok.
  1. Nasi Jagung
Nasi jagung atau disebut juga nasek ampog oleh masyarakat Maduran adalah variasi makanan yang berupa nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang dimasak bersama-sama. Oiya, nasi jagung ini ternyata sangat disarankan untuk penderita diabetes lho.
(sumber:Carapedia.com)