Sabtu, 14 Juli 2012

Tips Agar Anda Lebih cepat Tidur Lelap


Banyak orang yang beruntung karena mereka mudah sekali mengontrol waktu istirahat mereka. Pengen tidur ya tidur pengen bangun tinggal bangun. Tapi anda? Mau tidur sulit akhirnya bangun pun tersulitkan. Insomnia memang menjadi masalah yang cukup serius bagi anda yang seorang pekerja keras. Ketika anda dihadapkan dengan tugas-tugas yang banyak dan dituntut dengan waktu yang singkat, menjadikan anda harus memanfaatkan waktu luang anda sebaik mungkin untuk istirahat.


Kualitas tidur yang baik sangat menentukan kesehatan dan kreatifitas kita juga. Bayangkan saja ketika anda mengantuk dan harus mengerjakan tugas-tugas berat dan banyak saya yakin yang anda rasakan adalah pusing dan sulit sekali otak untuk diajak berpikir.

Anda sudah mencari-cari jalan keluar dari permasalahan ini, akan tetapi anda masih saja sulit dalam hal mengatur tidur anda. Jangan khawatir mungkin anda hanya perlu melakukan beberapa langkah barikut untuk menyelesaikan masalah anda

Kegiatan di siang hari

  • Berolah raga kecil disiang hari - Olahraga memang dapat menjaga kesehatan kita, tapi olah raga juga bisa membuat kita lebih cepat untuk tidur. Jangan berolahraga 3 jam sebelum tidur karena adrenalin yang ditimbulkan saat berolahraga akan membuat kita terjaga/sulit untuk tidur.
  • Kurangi minum-minuman yang membuat kita sulit tidur - Kita semua tahu bahwa kafein membuat kita sulit untuk tertidur, tetapi kita mungkin tidak menyadari bahwa alkohol mengganggu juga, seperti halnya minum air terlalu banyak sebelum tidur
  • Hindari tidur siang - Cobalah untuk tidak tidur siang sebisa mungkin. Tidur di siang hari membuat kita sulit untuk tidur di malam hari. Jika Anda benar-benar terpaksa, batasi tidur siang anda sekitar 20 menit saja


Bantuan untuk tidur lebih awal

  • Faktor makanan - Makan makanan yang berat sebelum tidur akan membuat kita terasa sangat kenyang dan berat untuk tidur, tapi tidur dengan perut kosong akan membuat kita lebih sulit lagi untuk tertidur. Coba makan makanan ringan seperti camilan.
  • Matikan Televisi - Otak kita akan secara otomatis mengingatkan kita untuk mematikan Televisi sebelum tidur jika anda memaksakan tidur karena malas, maka yang terjadi kualitas tidur anda kurang baik.


Persiapkan suasana kamar tidur

  • Pindahkan elektronik - Matikan TV dan pindah komputer atau perangkat elektronik lainnya dari kamar tidur Anda. Mereka menggoda Anda untuk terlibat dalam kegiatan non-nyenyak dan membuat Anda terjaga. Kamar tidur adalah untuk tidur, tidak bekerja dan berselancar internet.
  • Suhu dingin - Anda akan tertidur lebih cepat dan tidur lebih baik jika kamar tidur lebih dingin. Sebuah suhu kamar lebih rendah menurunkan suhu inti tubuh, dan membantu Anda tidur. Suhu ideal untuk tidur adalah 20 derajat
  • Matikan lampu
  • Matikan suara-suara yang mengganggu
  • Aromaterapi - Bau yang segar akan dapat sangat membantu anda untuk tertidur pulas, sepert bau vanili,lavender,cendana dan masih banyak bau yang segar yang dapat membantu anda. Sesuaikan dengan selera anda juga.


Waktu tidur yang rutin

  • Jam yang sama setiap hari - Mulai rutinitas tidur Anda pada waktu yang sama setiap hari dan menjaga waktu tidur yang teratur. Ini membantu kondisi tubuh Anda untuk tidur lebih cepat dengan menciptakan kebiasaan tidur dan pengaturan ritme siklus tidur Anda.
  • Mandi - Mandi hangat sebelum tidur dapat membantu Anda bersantai dan meningkatkan suhu tubuh, kemudian pendinginan di ruangan suhu rendah membantu Anda untuk tidur lebih cepat.
  • Minuman - Minum segelas teh atau susu maka akan membantu anda untuk terlelap.
  • Membaca - Baca buku yang menghibur maupun membosankan bisa juga membantu untuk melupakan sejenak rutinitas anda.
  • Rileksasi tubuh - Cobalah beberapa gerakan yoga, agar oto-otot anda tidak merasa kaku
  • Menenangkan pikiran Anda - Pekerjaan menyebabkan pikiran khawatir dan sibuk. Cobalah memvisualisasikan gambar menenangkan seperti awan atau tempat yang damai, sebuah taman, lapangan,pantai atau apapun yang menenangkan Anda. Ini membantu menenangkan pikiran dan melepaskan pikiran-pikiran cemas.

  • Kualitas tempat tidur - Buatlah kasur yang nyaman. Ini perlu, karena Anda menghabiskan sepertiga dari hidup Anda di tempat tidur. Gunakan sprei yang lembut dan nyaman. Selimut berkualitas membantu kesungguhan dan rileks tubuh Anda untuk tidur lebih cepat
  • Pakaian yang nyaman - Pakailah pakaian yang longgar dan halus, seperti piyama atau pakaian yang terbuat dari bahan katun
  • Perhatikan posisi tubuh Anda - Cari posisi tidur yang nyaman yang mendukung postur tidur yang baik. Pastikan setiap bagian tubuh Anda nyaman. Beli bantal yang berkualitas baik yang mendukung leher dan benar meluruskan tubuh Anda. Posisi samping yang biasanya lebih baik, tetapi jika kembali bekerja untuk Anda itu sirip. Berbaring pada posisi yang sama setiap malam, sehingga tubuh Anda menjadi terbiasa untuk jatuh tertidur dengan cara yang sama
  • Nyamuk - Nyamuk merupakan penyebab utama dari 2/3 penduduk Indonesia sulit tidur. Belilah lotion anti nyamuk atau obat nyamuk elektrik karena lebih nyaman dan aman. Saran saya beli obat nyamuk yang aromanya sesuai selera anda.

Read more: http://ravikhayyu.blogspot.com/2012/06/20-langkah-agar-anda-lebih-cepat-tidur.html#ixzz20alxiT70