Selasa, 31 Juli 2012

Wu Yulu sang Petani China pencipta Robot

 

Wu Yulu, petani China menciptakan robot dari barang-barang bekas. Petani yang tidak pernah menempuh pendidikan tinggi formal ini akhirnya mendapatkan keuntungan dari robot ciptaannya.
  
 Pertama kali keluarganya banyak yang menyangsikan akan robot-robot yang dia ciptakan. Penciptaaan robot-robot ini telah menghabiskan kekayaan keluarganya, sehingga jatuh ke dalam kondisi harus hidup dengan hutang-hutangnya. Setiap penjualan robotnya dia pergunakan untuk membayar tagihan bulanan yang harus dibayar.

Istri dan dua anaknya selalu mengingatkan agar tidak terlalu mengeluarkan uang untuk robot-robotnya. Akhirnya robot-robotnya mendatangkan uang baginya dengan adanya kerjasama dengan pihak swasta dan universitas. Robot laba-laba yang mampu merangkak di tembok adalah robot yang paling menarik.
Wu Yulu, 46 tahun, petani yang hanya sampai ke jenjang pendidikan SD kelas lima ini, mengatakan bahwa hal yang paling menarik dari penciptaan robot ini adalah ketika robot-robot ini dapat bergerak dengan sempurna.