Minggu, 12 Agustus 2012

10 Lubang Runtuhan yang Terkenal di Dunia

guatemala sinkhole 2010 
Lubang runtuhan atau dikenal dengan nama sinkhole adalah depresi alami atau lubang dalam topografi permukaan yang muncul akibat hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan, atau terjadi akibat aliran air di bawah tanah. Lubang runtuhan memiliki ukuran yang bervariasi dari kurang dari satu meter sampai ratusan meter dalam diameter dan kedalamannya, dan juga tidak bergantung dari jenis lapisan tanah dan bantalan batuan di atasnya. Pembentukan lubang runtuhan ini dapat terjadi berangsur-angsur atau secara mendadak, berbeda-beda, ditemukan di berbagai tempat di dunia. Berikut ini, foto-foto lubang runtuhan yang terkenal di seluruh dunia.

1.Guatemala Sinkhole, 2010

guatemala sinkhole 2010Hujan lebat dari badai tropis Agatha, mungkin memicu lubang runtuhan besar di Guatemala. Lubang runtuhan di Guatemala terjadi akibat pengikisan batuan di dasar, mengikis rongga bawah tanah yang kemudian runtuh. Resiko lubang alami jenis ini banyak terdapat di negara bagian Amerika Serikat. Lubang runtuhan di Guatemala menjadi istilah yang mengacu pada penurunan tiba-tiba permukaan tanah. Secara keseluruhan, resiko terulangnya lubang alami di Guatemala City adalah tinggi dan tidak terduga.

2. Guatemala Sinkhole, 2007

Guatemala Sinkhole, 2007 
Pada tahun 2007, sebuah lubang runtuhan yang sama muncul di kota Gutemala tidak jauh dari lubang runtuhan yang terjadi di tahun 2010. Kedua lubang runtuhan yang terjadi di kota Guatemala diperkirakan memiliki lebar 18 meter dengan kedalaman 100 meter. Doug Gouzie, seorang ahli geologi dari Missouri State University mengatakan, “Di kota Guatemala, saya tidak berpikir sisi lain akan runtuh secepat itu.”

3. Winter Park, Florida, Sinkhole

winter park florida sinkhole 
Pada bulan mei 1981 sebuah lubang runtuhan besar terjadi di Florida. Dalam satu hari lubang melebar hingga 98 meter dengan kedalaman 27 meter, menghancurkan sebuah dealer mobil dan kolam renang umum. Sebuah rumah dua lantai menghilang ke dalam lubang. Untungnya tidak ada orang di dalam rumah tersebut. Para ahli berhasil menstabilkan lubang runtuhan, yang kemudian menjadi atraksi wisata lokal selama musim panas 1981. Saat ini lubang runtuhan telah berubah menjadi danau buatan Rose.

4. Mulberry, Florida, Sinkhole

 
Lubang runtuhan yang muncul di daerah Mulberry, Florida pada tahun 1994 ini memiliki kedalaman 56 meter. Lubang alami ini terletak di tempat pembuangan limbah perusahaan tambang IMC Agrico. Perusahaan menggali batu untuk mengekstrak fosfat, bahan utama pembuat pupuk dan bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi asam fosfat. Selain itu, bahan ini digunakan sebagai perasa soda dan berbagai makanan.

5. The Great Blue Hole, Belize

the great blue hole belize 
Great Blue Hole adalah lubang runtuhan bawah laut yang terletak di tengah laut Belize. Lubang ini berbentuk lingkaran, dengan luas lebih dari 300 meter dengan kedalaman 124 meter. Diperkirakan proses pembentukan lubang runtuhan ini terjadi dalam beberapa rangkaian, ketika permukaan air laut jauh lebih rendah. Pembentukan terjadi sekitar 153.000, 66.000, 60.000, dan 15.000 tahun yang lalu. The Great Blue Hole merupakan bagian dari Reef Barier Belize, sebuah situs warisan dunia PBB, UNESCO.

6. Picher, Oklahoma, Sinkhole

Aktivitas Penambangan seng dan timah selama bertahun-tahun telah meninggalkan kota Picher, Oklahoma penuh dengan lubang runtuhan. Atap dari beberapa tambang tidak dapat lagi mendukung berat bumi dan menyebabkan banyak tambang runtuh. Saat ini kota telah menjadi rumah bagi tumpukan sampah bekas aktivitas tambang dan meninggalkan banyak lubang runtuhan berukuran besar.

7. Iceland Sinkhole

iceland sinkhole 
Lubang runtuhan ini terletak di Islandia, dengan kedalaman 45 meter. Foto ini adalah Mick Coyne, seorang petualang dan pemain kayak yang sedang menuruni lubang runtuhan menuju sungai Jokulsa, sungai terpanjang kedua di Islandia. Lubang runtuhan ini terjadi akibat fenomena alam uap panas bumi.

8. Ik-Kil Cenote, Mexico

cenote ik-kil yucatan mexico 
Lubang runtuhan Ik-Kil Cenote terletak di dekat kuil Maya Chichen Itza di Semenanjung Yucatan Meksiko. Cenote berarti “alam yang baik”. Lubang ini terisi oleh air dengan ketinggian 26 meter di bawah permukaan tanah dengan kedalaman keseluruhan 60 meter. Terdapat anak tangga yang menuruni lubang dan para wisatawan dapat berenang di dalamnya. Dahulu, lubang runtuhan ini digunakan oleh suku Maya untuk relaksasi dan upacara ritual.

9. Lisbon, Portugal, Sinkhole

Lisbon Portugal Sinkhole 
Seorang pengemudi bus beruntung dapat melepaskan diri setelah bus yang dikendarainya jatuh ke dalam lubang runtuhan di kota Lisbon, Portugal. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 25 November 2003. Sopir bus tersebut tidak dapat menghindari lubang, ketika jalan di depan bus tiba-tiba terbuka. Lubang runtuhan ini memiliki kedalaman 10 meter yang disebabkan oleh hujan lebat.

10. Neversink Pit, Alabama

 
Neversink Pit merupakan lubang runtuhan dari batu kapur yang ditemukan di Alabama pada tahun 1998. Memiliki kedalaman 15 meter dan merupakan rumah spesies langka tanaman pakis. Lubang runtuhan ini adalah salah satu lubang runtuhan di dunia yang paling sering difoto karena keindahan pakis dengan karang dan air terjun.