Senin, 27 Agustus 2012

Bagaimana Cara Membuat Mayones ?


Makanan yang satu ini enak looh hehehe aku suka hehehe., mayones (kalo orang bule nyebutnya mayonnaise) sendiri adalah saus kental berbentuk krim yang terbuat dari minyak, kuning telur, jus lemon atau cuka, dan penyedap rasa. Mayones itu tidak sama dengan saus biasa yang tidak mengandung kuning telur, lagipula saus biasa lebih manis ketimbang mayones hehehee :) .

Behind The Scene of “Mayones”

Haah? sub judulnya looh? alaaah biar wes., suka suka aku yang nulis kok hehehehee :D  .Mayones itu sendiri merupakan emulsi, hm., apaan nih? ., emulsi adalah campuran dari satu cairan dengan cairan yang lain, dan biasanya tidak dapat bercampur, misalnya minyak dengan air. Proses emulsi dilakukan dengan menambahkan satu bahan ke bahan yang lain secara perlahan sambil diaduk dengan cepat. Proses ini menyebarkan dan mensuspensikan butiran2 kecil cairan yang satu ke cairan lainnya., yaah dikit2 nambah ilmu fisika kita heheheee.. :D .
Mengenai emulsi tadi, cairan yang tercampur tersebut akan terpisah lagi kalo tidak ditambahkan peng-emulsi (pembuat emulsi) . Peng-emulsi adalah penghubung antara kedua cairan tersebut yang menstabilkan campuran. Makanan2 yang mengandung peng-emulsi adalah telur dan gelatin. Naah kalo dalam mayones, peng-emulsinya adalah kuning telur yang mengandung lecithin, yaitu peng-emulsi lemak .., ooowww biar nyambung gitu si mayones., kagak mencar2 kayak minyak dan air hehehehe :D .

How To?

Naah sekarang mari kita membuatnya., mayones dibuat dengan cara mencampur sari lemon atau cuka dengan kuning telur. Kuning telur yang mengandung peng-emulsi (lecithin) akan mengikat bahan2 menjadi satu dan mencegah pemisahan. Kemudian, minyak ditambahkan sedikit demi sedikit ketika adonan diaduk dengan cepat. Ingat., menambahkan minyak terlalu cepat atau pengadukan yang kurang cepat akan membuat adonan tidak dapat tercampur ., (yaah yang sedang2 aja n stabil poko-nya) .
Ketika mulai kental., minyak dapat ditambahkan dengan lebih cepat. Penyedap rasa bisa ditambahkan setelah minyak uda abis. Blender atau mixer memungkinkan kita membuat mayones dengan rasa yang enak dan mirip kaya yang dijual di toko2., gak capek juga tangan muter2 hehehehe :D .

Attention!

Untuk mayones buatan tangan (buatan sendiri maksudnya), karena tidak dimasak, maka pastikan menggunakan telur yang masih baru dan bebas dari bakteria2. Mayones buatan sendiri dapat bertahan dalam lemari es selama 3 – 4 hari hehehehe :D . Naah kalo di toko2 itu bisa bertahan lama, kurang lebih sampai 6 minggu dalam lemari es, itu dikarenakan mengandung tepung makanan, gel selulosa, bahan pengental, dan pengemulsi lainnya.
Siip dah., mari kita membuat mayonesss :D . Jangan asal makan., tapi ilmu dibalik mayones-nya moga bisa nambah pengetahuan kita smuanya., Keep sharing ^_^ .