Selasa, 14 Agustus 2012

Bagaimana Proses Mata Kita Melihat?

 
Entah kenapa beberapa postingan terakhir kebanyakan lagi sangkut paut ama mata., mulai mata biru orang bule, keistimewaan lain pupil mata, hehehe.., ya lagi pengen aja., kali ini aku akan coba mengulas bagai proses mata kita bisa melihat :) .

Ngomong2., gambar merah di sebelah ini bukan apel ato tomat looh sodara2 :D ., aku aja yang masang gambar sempet ngira kayak tomat kecil wkwkwkwk :D ., Ok., balik lagi., pada dasarnya sih bagian mata itu banyak banget., tapi mari kali ini kita fokuskan aja ke bagian2 yang berperan besar dalam proses melihat, yaitu : Kornea, Iris dan Pupil, Lensa Mata, dan Retina. Lihat gambar berikut :
1. Kornea
Kornea adalah bagian terluar dari mata kita., bagian ini nih yang bertugas menangkap cahaya yang masuk ke mata pertama kali.
2. Iris dan Pupil
Iris adalah bulatan hitam pada mata kita, kalo pada orang bule biasanya berwarna biru, ditengah2 bulatan ini terdapat lagi bulatan yang lebih kecil yang dinamakan Pupil (Anak Mata), pupil berfungsi sebagai sebagai jalan pengatur keluar masuknya cahaya. Pupil mata akan membesar/melebar saat cahaya yang masuk ke mata terlalu banyak/menyilaukan, begitu juga sebaliknya, pupil akan menyempit kalo cahayanya redup/mimim.
3. Lensa Mata
Cahaya yang telah melewati pupil akan diteruskan ke lensa mata, lensa mata disini bertugas untuk memfokuskan cahaya. Kemampuan mata dalam men-cembung-kan atau memipihkan lensa mata disebut Daya Akomodasi. Lensa mata akan cembung jika melihat benda yang dekat dan akan memipih jika melihat benda yang jauh. Ini adalah cara lensa mata agar menempatkan bayangan yang dilihat secara tepat pada retina.
4. Retina
Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina, cahaya diteruskan ke saraf optik, kemudian ke otak untuk diproses., sehingga kita dapat melihat benda tersebut.
Sungguh proses yang panjang untuk sekali proses melihat , dengan begitu kita bisa selalu bersyukur atas nikmat mata ini., dan semoga bisa menambah pengetahuan kita semua., :) 


sumber:http://tanyakenapa.staff.ub.ac.id/2012/07/31/bagaimana-proses-mata-kita-melihat/