Minggu, 19 Agustus 2012

Bagaimana Proses Terbentuknya Pelangi…???

 
Pelangi pelangi., alangkah indahmu.., merah kuning hijau di langit yang biru.., heheheh.., yaa begitulah lagu pelangi yang kita kenal hehehe., Indah memang ciptaan Tuhan yang satu ini., saat hujan akan berakhir., tinggal gerimis2 halus., angin sejuk mulai berhembus., di langit ada pelangi., sungguh pemandangan alam yang luar biasa indah :) .
Dibalik keindahan pelangi itu terdapat sedikit ilmu tuhan yang dapat kita pelajari, yaitu proses terbentuknya., :) . Pelangi terbentuk karena
adanya proses pembiasan cahaya matahari oleh tetesan air hujan yang jatuh ke bumi. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, cahaya tersebut membias seperti ketika melewati prisma kaca (yaah ingat2 dikit fisika waktu SMP heheeh :) .
Naah.., pembiasan itu tuh mengakibatkan warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah., tiap warna dibelokkan dengan sudut yang berbeda pastinya, warna merah adalah warna yang paling terakhir dibengkokkan, sedangkan ungu adalah yang paling pertama :) hm…,,
Naah kalo pengen jawaban yang lebih ilmiah ini nih aku copy-kan dari wikipedia hehehee :
Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi : merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.
Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.
Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.
Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.
Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.
Naah inti dari penjelasan diatas baik versi-ku atopun versi ilmiah dari wikipedia adalah terletak pada Pembiasan Cahaya OK!!.., ingat lagi., Pembiasan cahaya matahari oleh tetesan air hujan yang jatuh ke bumi., titik.. :) ., smoga bisa nambah info temen2 smua.. :) 


sumber:http://tanyakenapa.staff.ub.ac.id/2012/07/29/bagaimana-proses-terbentuknya-pelangi/