Sabtu, 18 Agustus 2012

Bagian Telur Mana Yang Akan Menjadi Anak? Kuning Telur atau Putih Telur…???

 
Pasti yang kuning!! ya kaaan? :D ., tapi kayae yang putih deeh :D ., hm.., terus bagian yang mana neh? kassi tau gak yaaa? hehehe.., 
Pertama nih yaa.., mari pahami dulu tentang telur dan bagian2-nya, kuning telur dibuat di ovarium sang induk, setelah itu dibuatlah putih telur dan cangkang telur.
Jawaban yang pertama nih,
putih telur bukanlah kandungan yang bakal jadi anak ayam. Putih telur hanya lapisan pelindung sel telur yang ntar bakal menjadi embrio anak ayam.. Kalo pada manusia, putih telur ini kayak cairan ketuban pada perut ibu hamil yang ngelindungi si bayi dari guncangan :) .
Ok., kalo si putih telur bukanlah pembentuk anak ayam, pasti jawabannya si kuning telur, iya kaan? hehehe., :D . Daaan ternyata salah juga hehehehe :P ., kuning telur hanya berfungsi sebage penyedia makanan (nutrisi) bagi si embrio anak ayam, nutrisi tersebut  meliputi lemak dan protein.
Dan ternyata jawaban yang benar adalah bukan kuning telur dan bukan putih telur, bagian yang bakal menjadi anak ayam adalah bagian kecil yang terlihat seperti titik gelap dan terdapat  diantara kuning telur dan putih telur, bagian ini nih yang disebut embrio :D .
Dalam waktu 3 hari-an, pembuluh darah akan mulai nampak pada embrio, hari ke-7 akan muncul mata, kemudian mata dan paruh akan nampak pada hari ke-17, naah pada saat itu kuning telur selaku pemasok makanan otomatis bakal mengecil juga ukurannya, karena uda dimakan ama si embrio :D . Daan.., TARAA!!! pada hari ke-21 telur ayam akan menetas dan keluarlah anak ayam hehehehe :D .
Yaa begitulah ceritanya hehehehe., moga bisa nambah pengetahuan kita smua hehehehe :D ., keep sharing :) .


sumber:http://tanyakenapa.staff.ub.ac.id/2012/07/28/bagian-telur-mana-yang-akan-menjadi-anak-kuning-telur-atau-putih-telur/