Rabu, 15 Agustus 2012

Hal-Hal yang Sebaiknya tidak Anda Lakukan Setelah Makan

 Setelah anda menghabiskan makan anda, baik saat sarapan, makan siang maupun makan malam, biasanya anda akan melakukan beberapa kebiasaan yang tanpa anda sadari ternyata memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh anda.
Yuk, cek beberapa kebiasaan di bawah ini untuk mengetahui apa saja dan mengapa kebiasaan-kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan dan tubuh anda.


 
  1. Merokok
Seperti yang sudah anda ketahui, merokok mempunyai banyak sekali efek yang tidak baik bagi tubuh anda. Apalagi jika anda merokok sehabis makan, kerusakan bagi tubuh yang ditimbulkanpun menjadi semakin parah. Bahkan, menurut beberapa penelitian, menghisap satu batang rokok sehabis makan efeknya sama dengan menghisap 10 batang rokok, sehingga kemungkinan untuk terserang kanker menjadi jauh lebih besar. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak menghisap rokok setelah makan.
  1. Makan Buah
Bila selama ini anda beranggapan bahwa mengkonsumsi buah setelah makan baik untuk tubuh anda, sebaiknya anda mulai mengurangi kebiasaan makan buah sehabis makan. Karena faktanya makan buah sehabis makan akan menyebabkan perut anda dipenuhi udara atau dengan kata lain menjadi kembung. Namun jika anda tetap ingin mengkonsumsi buah, sebaiknya anda menunggu hingga 1-2 jam sehabis makan atau satu jam sebelum makan. Hal ini juga baik bagi anda yang sedang berdiet karena buah yang anda konsumsi akan membuat anda kenyang dan tidak makan berlebihan.
  1. Minum Teh
Tahukan anda daun teh memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga menyebabkan kandungan protein dalam makanan akan susah dicerna. Selain itu, meminum teh setelah makan juga akan menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh hingga 80%, padahal zat besi sangat diperlukan tubuh untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia.
  1. Mengendurkan ikat pinggang
Mengendurkan ikat pinggang sehabis makan dapat menyebabkan usus sembelit dan mudah terblokir karena sistem pencernaan yang ada di dalam perut mengalami perubahan yang mendadak.
  1. Mandi
Mandi yang dilakukan seteh makan akan menaikan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah di daerah perut akan banyak berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.
  1. Berjalan-jalan
Kata mitos orang Jawa, berjalan-jalan setelah makan akan menyebabkan anda mengalami “sudukan” atau rasa begah di dalam perut. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya mitos karena faktanya berjalan-jalan setelah makan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah anda konsumsi, malah hanya akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman di dalam perut.
  1. Tidur
Rasa kantuk sehabis anda makan sampai kenyang memang wajar terjadi, namun sebaiknya anda jangan mengikuti rasa kantuk anda, karena tidur setelah makan akan membuat makanan yang sudah anda konsumsi tidak dapat dicerna dengan baik. Akibatnya, usus menjadi kembung dan akan terjadi peradangan.
  1. Minum es
Sebaiknya anda mengganti konsumsi es dengan minum air putih hangat atau biasa, karena meminum es akan membekukan makanan berlemak dan berminyak yang sudah anda konsumsi. Lemak itu akan terbentuk di dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan sehingga menimbulkan kegemukan.
(sumber:Carapedia.com)

Pencarian Terbaru (2)
Untuk mengurangi lemak tubuh sebaiknya makan makanan yang. Kandungan dalam teh yang menghambat penyerapan gizi makanan.