Jumat, 24 Agustus 2012

Inilah Kenapa Jarum Jam Bergerak Kearah Kanan?

 
Hm..,jam ya? yaa.., alat penunjuk waktu yang satu ini uda banyak bentuk dan modelnya., sangat berguna banget.,. Kalo dulu seh., jam (jam tangan) itu hanya dimiliki oleh orang2 yang berduit saja., dan itupun bentuknya juga masih jadul hehehehe :D . Kalo skarang sih udah smua orang bisa dengan mudah membeli jam tangan ini.
Pernah kepikir gak kenapa jam ini jarumnya bergerak muter dari kiri ke kanan?
ato belum pernah terlintas pertanyaan ini di pikiran kita? hm.., aku perna baca di internet kalo ternyata yang nyebabin hal ini adalah dari bangsa mesir kuno. Looh kok Mesir? yaa., soalnya pada jaman dahulu itu bangsa yang paling maju sistem waktu-nya adalah bangsa mesir., :)
Bangsa2 jaman dahulu punya cara yang berbeda2 dalam pengenalan sistem waktu dengan perhitungan yang berbeda2. Bangsa mesir menggunakan pergerakan matahari untuk melakukan perhitungan waktu. Mereka mendirikan sebuah tugu yang disebut obeliks.
Naaah., ketika matahari bergerak maka bayangan dari obeliks tersebut juga akan bergerak, dari bayang2 itulah mereka mengukur waktu. Matahari kan terbit dari timu, sedangkan Mesir berada di belahan dunia bagian utara maka ketika matahari bergerak bayangan dari tugu obeliks pun bergerak ke kanan :) .
Itulah alasan kuat mengapa akhirnya jarum jam dibuat bergerak dari kiri ke kanan, seandainya Mesir berada di belahan dunia bagian selatan mungkin kita akan melihat jarum jam bergerak ke kiri hahahahaha :D .
Moga bisa nambah pengetahuan kita smua ehhehee.. keep sharing ^_^ :)