Senin, 06 Agustus 2012

KENAPA ANGIN BISA BERHEMBUS ?

Bayangkan, pada suatu siang yang panas, kita sedang berada dibawah pohon yang rindang disertai oleh hembusan angin yang bertiup sepoi-sepoi. Amboi...segar dan nyaman bukan? Ya,tentu saja,hembusan angin membantu kita untuk mendinginkan badan yang panas oleh keadaan disekitar kita pada saat tersebut. Gambaran keadaan yang menyenangkan tadi hanya sebuah pengantar terhadap suatu fenomena alam yang hampir setiap hari kita temui. Fenomena apakah itu? Ya, fenomena itu tidak lain yaitu hembusan angin. Hampir setiap manusia merasakan hembusan angin. Selain itu, banyak sekali peristiwa-peristiwa yang ada disekitar manusia yang disebabkan oleh hembusan angin.. Lalu, KENAPA angin bisa berhembus? Jawaban pertanyaan itu sebagai berikut:
Perlu difahami terlebih dahulu bahwa istilah "angin yang berhembus" sebenarnya bukan istilah yang tepat 100% secara tinjauan ilmu pengetahuan. Ketidaktepatan penyebutan istilah itu berasal dari arti angin itu sendiri yaitu udara yang bergerak. Jadi, yang berhembus atau bergerak itu bukan angin, tapi udara. Nah, udara yang berhembus itulah yang disebut angin. Namun, sebuah istilah yang telah mengakar dan biasa untuk digunakan terkadang menjadi sesuatu yang dibenarkan dan dianggap tepat. Oleh karena itu, tulisan ini tetap berjudul KENAPA ANGIN BISA BERHEMBUS.

Selanjutnya, untuk menjawab pertanyaan tadi, kita harus mengenal arti dari angin. Angin diartikan secara mudah yaitu udara yang bergerak. Jadi, setiap udara yang bergerak itu disebut angin. Angin mempunyai jenis yang bermacam-macam. Macam jenis yang kita kenal yaitu angin sepoi-sepoi dan angin ribut. Meskipun kedua jenis angin ini sangat berbeda dari segi akibat yang ditimbulkannya, prinsip kerja kedua jenis angin ini sama yaitu adanya udara yang bergerak. Nah, penyebab bergeraknya udara ini juga sama dan penyebab inilah yang menjadi jawaban dari pertanyaan KENAPA angin bisa berhembus.

Jadi, KENAPA angin bisa berhembus? Jawabannya yaitu KARENA adanya perbedaan tekanan udara disekitar angin tersebut. (Pengertian tekanan yaitu besaran yang ditimbulkan dari adanya gaya yang dilakukan oleh suatu luasan tertentu. Baca lagi :KENAPA PISAU DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMOTONG).

Gambaran yang mudah untuk membuktikan bahwa tekanan merupakan penyebab udara bergerak dapat dilihat dari peristiwa bocornya ban sepeda. Ketika ban sepeda tertusuk paku, udara yang ada didalam ban akan keluar. Demikian juga dengan balon yang berisi udara yang dibuka simpulnya. Udara akan berhembus dari dalam balon menuju ke luar. Peristiwa yang ada disekitar kita pun seperti itu juga. Ketika ada udara yang bergerak, hal itu karena adanya tekanan yang berbeda yang ada disekitar udara tersebut. Tekanan ini biasanya disebabkan karena perbedaan suhu udara disatu tempat dengan tempat yang lain. Contohnya seperti perbedaan tekanan udara didarat dan dilaut yang akan menimbulkan angin darat dan angin laut. Jadi, kenapa angin bisa berhembus? Angin bisa berhembus karena adanya perbedaan tekanan udara disatu tempat dengan tempat lainnya.