Jumat, 10 Agustus 2012

KENAPA BENDA BERPORI-PORI BISA MENYERAP AIR ?

 
Dalam materi postingan sebelumnya (kenapa tisu dapat menyerap air?) disinggung peran pori-pori dalam kemampuan penyerapan benda terhadap air. Lalu KENAPA BENDA BERPORI-PORI BISA MENYERAP AIR?
Gambar disamping adalah foto mikro dari pori-pori kayu keras

Jawabannya dari pertanyaan itu sebagai berikut:

Perlu diketahui sebelumnya bahwa pori-pori yaitu lubang yang terdapat disuatu benda. Lubang ini berada dipermukaan dan dibagian dalam suatu benda.. Hampir semua benda mempunyai pori-pori. Perbedaannya terletak dari ukuran dan banyaknya pori-pori tersebut ada pada suatu benda. Lalu, apa hubungannya pori-pori dengan daya serap benda terhadap zat cair? Perhatikan ilustrasinya berikut untuk mengetahui jawabannya:
Ilustrasi permukaan benda yang tidak mempunyai pori-pori


Ilustrasi permukaan benda yang mempunyai pori-pori (pori-pori digambarkan dengan cekungan-cekungan pada permukaan benda)

Kedua ilustrasi diatas bersifat sangat sederhana dalam menggambarkan perbedaan benda dengan pori-pori dan tidak berpori-pori. Untuk mengetahui perbedaan dalam kemampuan melakukan penyerapan terdapat zat cair, perlu diberikan ilustrasi lain sebagai berikut.

Ilustrasi permukaan benda yang tidak berpori yang diberi air diatasnya (Tanda panah diibaratkan air yang datang ke permukaan benda tersebut)
Ilustrasi permukaan benda yang berpori yang diberi air diatasnya (Tanda panah diibaratkan air yang datang ke permukaan benda tersebut)
Perhatikan ilustrasi ketika permukaan kedua benda diberi air. Pada permukaan yang tidak berpori, air akan langsung meninggalkan permukaan benda. Tidak ada yang bisa menahan air untuk pada benda tersebut.
Selanjutnya, perhatikan ilustrasi benda berpori ketika diberi air. Air yang diberikan tidak langsung meninggalkan permukaan benda itu. Air masih tertinggal pada cekungan-cekungan yang terdapat dipermukaan benda. Nah, cekungan inilah yang akan menahan air untuk tidak "lari" dari benda.

Ilustrasi diatas memang sangat sederhana. Namun, fungsi pori-pori untuk menahan suatu zat cair yang datang ke suatu benda cukup bisa terwakili dengan ilustrasi tersebut. Bayangkan jika permukaan benda diatas mempunyai 100 cekungan, kekuatan menahan airnya pun tentu lebih besar. Air yang tertampung akan lebih banyak. Demikian juga dengan pori-pori pada suatu benda.
Jadi, KENAPA benda berpori-pori bisa menyerap air. Jawabannya KARENA pori-pori dapat menahan air dan menyimpan air tersebut dalam benda tersebut.
sumber:http://www.kenapakarena.com/2010/01/kenapa-benda-berpori-pori-bisa-menyerap.html