Senin, 20 Agustus 2012

Kenapa Berputar Bikin Pusing…???

 
Pasti kita pernah berputar2 kan? yaah.., rasanya kalo habis muter2 gitu mual., pusing., pengen muntah malahan.., hadeeee gak enak banget -__-” , kalo gak kurang kerjaan gak mungkin aku muter2 sendiri hehehe :D . Tapi darimana bisa pusing gitu yaaa? Ternyata pusing ini dipengaruhi oleh organ di dalam labirin telingan yang disebut “Semucircular Canal”.

Dalam telinga, terdapat 3 ’Semucircular Canal’ yang mengatur sudut kanan dan kiri agar gerak kepala tetap disepanjang sumbu, dan ketiga canal  tersebut berkolaborasi dalam ruang 3D. Dan masing2 canal ini berisi cairan yang bergerak maju mundur.
Saat memiringkan kepala ke satu sisi, cairan akan mengarah sisi tersebut, dan rangsangan ini kemudian ditangkap oleh syaraf otak yang kemudian diterjemahkan otak sebagai gerakan. Naah sedangkan saat kita bergerak melingkar, cairan tersebut bergerak dengan arah berlawawan, naah berarti melawan gerak kepala bukan? dan ini menyebabkan sensor di dalam kepala bergerak berlawanan arah, yang berarti kepala kita sedang berputar, pusiiinggg :(
Hasilnya, otak tidak menerima pesan kita sedang berputar, kita merespon rotasi pada kepala dan memberi kita perasaan seolah-olah kita diam, tapi dunia diluar kita yang berputar2, nah perasaan inilah yang menyebabkan kita pusing :( .
Menurut hukum dasar fisika juga begitu, jika sebuah obyek diam, maka obyek itu akan tetap diam hingga ada yang mengusiknya. Jika obyek itu bergerak, obyek itu akan tersebut bergerak hingga berhenti. Inilah penyebab kita pusing setelah berputar2 seperti dikutip dari forum viva.co.id