Minggu, 12 Agustus 2012

KENAPA BISA MUNCUL GELEMBUNG DI AIR?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pernahkah kamu melihat gelembung yang muncul dalam air? Jika kamu biasa menyelam (terutama di laut), mungkin kamu biasa melihat hal itu. Namun, gelembung dari dalam air tidak harus muncul di laut. Kamu pun bisa membuatnya, benarkah? Tentu saja ;), tapi tulisan ini tidak mengupas cara membuat gelembung air itu lho,.namun menjawab pertanyaan KENAPA BISA MUNCUL GELEMBUNG DI AIR?
Sebelum memberikan jawabannya pertanyaan itu, perlu diketahui bahwa gelembung yang sering muncul di air sebenarnya adalah sekumpulan udara yang mencoba "melepaskan diri" keluar dari air. Kenapa udara harus melakukan hal itu ya? Hal itu karena udara bersifat lebih ringan dari air sehingga udara akan terus bergerak naik hingga keluar dari air. Nah, dari penjelasan sederhana ini, jawaban pertanyaan KENAPA BISA MUNCUL GELEMBUNG DI AIR? yaitu KARENA ADA UDARA DI DALAM AIR TERSEBUT. Udara itu dapat berasal dari benda yang ada didalam air dan mengandung udara di dalamnya, seperti batu. Batu mempunyai rongga yang dapat digunakan untuk tempat "persembunyian" udara. Ketika batu ini masuk didalam air, udara terpaksa harus keluar karena sifatnya yang lebih ringan dibanding air. Udara yang "melarikan diri" dari dalam air inilah yang membentuk gelembung.
Sebab lain adanya udara di dalam air yang menyebabkan munculnya gelembung yaitu reaksi kimia yang terjadi antara sebuah benda dengan air. Udara yang muncul dari reaksi kimia inilah yang akan bergerak keluar dari air dalam bentuk gelembung. Contohnya dapat kamu lihat pada gambar disamping. Jelas? ;)