Kamis, 09 Agustus 2012

KENAPA KITA BERHIAS MENGGUNAKAN CERMIN DATAR ?

Hampir setiap hari manusia berhias. Sehabis mandi dan sebelum melakukan aktivitas, mereka biasanya berada di depan cermin meskipun hanya sekedar merapikan rambut. Bagi wanita, berhias tidak hanya sekedar merapikan rambut namun lebih dari itu. Berhias termasuk aktivitas yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia baik laki-laki, wanita, anak-anak, dewasa maupun orang tua. Lalu KENAPA kita berhias menggunakan cermin datar?

 
 
 
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita mengenal tentang cermin. Cermin adalah benda mengkilap yang mampu membelokkan arah cahaya yang datang kepadanya. Pembelokan arah cahaya ini biasa dikenal dengan istilah pemantulan.. Cermin mempunyai banyak macam, seperti cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. Penamaan jenis-jenis cermin ini berdasarkan pada sifat permukaan pantul yang dimiliki oleh cermin.





Cermin cekung bersifat mengumpulkan cahaya yang datang kepadanya.Bayangan benda yang terbentuk oleh cermin cekung dapat bersifat terbalik dan berbeda ukuran dengan ukuran benda asli.





Cermin cembung bersifat menyebarkan cahaya yang datang kepadanya.Bayangan benda yang dibentuk oleh cermin ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding ukuran benda aslinya.


Bagaimana dengan sifat pemantulan dari cermin datar ? Perhatikan ilustrasi berikut ini:



Cermin datar tidak mempunyai sifat pemantulan seperti kedua cermin sebelumnya. Tidak menyebarkan dan tidak pula mengerucutkan. Dengan sebab ini, bayangan yang dibentuk oleh cermin datar yaitu sama dengan benda aslinya. Tinggi, tebal, dan jarak bayangan dari cermin sama dengan benda aslinya. Hanya saja, arah kiri dan kanan benda dan bayangan tidak sama. Ilustrasi pembentukan bayangan dilukiskan seperti gambar disamping.

Jadi, KENAPA kita berhias menggunakan cermin datar? Jawabannya KARENA cermin datar mampu menghasilkan bayangan yang serupa dengan benda aslinya baik ukuran maupun jarak benda atau bayangan ke cermin.
sumberhttp://www.kenapakarena.com/2010/01/kenapa-kita-berhias-menggunakan-cermin.html