Rabu, 22 Agustus 2012

Kenapa Lalat Sulit Dipukul…???

 
Kecil., konotasinya ama tempat jorok., yaah itulah dia si lalat, serangga kecil. Kadang kalo pas di makanan kita ada lalat kita pasti bakal mencoba mengusirnya, yaah padahal kita tau kemungkinan memukul lalat itu kecil banget kena-nya wkwkwk., tapi paling gak uda diusir wkwkwk :D .
Gilaaa!! hewan ini canggih bener manuver terbangnya wkwkwk  (pikirku :D ) , ampe2 sulit banget kenanya wkwkwk., ternyata misteri dibalik susahnya memukul lalat ini terdapat pada kecepatan otak lalat dalam memproses rangsangan sensorik menjadi motorik (rangsangan jadi gerak). Maksudnya?
maksudnya gini, si lalat dengan sangat baik telah melakukan koordinasi visualisasi dari mata dengan kakinya.
Hal ini dikarenakan di otak lalat terdapat sistem pemetaan posisi ancaman looh :) , mereka dapat mengenali ancaman berdasarkan lokasi. Otak lalat akan menghitung seberapa jauh ancaman tersebut sebelum ia memutuskan untuk mengepakkan sayap dan kabur.
Naah setelah memprediksi arah ancaman, kakinya mulai  bertumpu untuk siap2 kabur ke arah yang berlawanan (ngaciiirr :D ). Dan semua perhitungan persiapan meloloskan diri ini dapat dilakukannya dengan sangat cepat, hanya 100 milidetik setelah ia mendeteksi adanya bahaya, wooow kereen :) .

Mata Majemuk

Kehebatan lalat tak hanya terdapat pada cepat prosesornya (otak) :D ., tapi juga didukung mata yang kereeen :D ., namanya mata majemuk , terdapat di mayoritas serangga. Hebatnya adalah mata ini mampu melihat gerakan objek dengan jelas di antara benda-benda lain yang berada di sekitarnya. Ini tersebut dapat dilakukan karena serangga ini (lalat) dapat menyatukan gambaran suatu objek yang mendapatkan tingkat pencahayaan berbeda-beda
Misalnya, melihat gerakan sasaran mangsa lalat diantara rerimbunan pohon. Dengan memfokuskan pandangan di sekitar gerakan, mata lalat dapat melihat perpindahan objek secara utuh, kereeennn :D .
Dan struktur mata ini menjadi inspirasi para ilmuwan untuk mengembangkan kamera video pendeteksi gerakan, sistem detektor target untuk peralatan militer, maupun radar.,, hm.., :) .
Pengen tau gimana mata majemuk itu? tangkap lalat, letakkan di bawah mikroskop, amati :D
Begitulaaah :D ., btw,, aku juga belum perna kena tuh mukul lalat pake raket nyamuk wkwkwkw :D ., ngapain juga mukul lalat, kayak muter2 aja bikin pusing :D , smoga bermanfaat :D .