Jumat, 03 Agustus 2012

KENAPA MASSA DAN BERAT BERBEDA ?


 


















  Kita sering mendengar atau membaca atau bahkan menggunakan kalimat berikut ini; Beratku "sekian" kilo(gram). Sebuah kalimat yang sudah sangat biasa terdengar dan terasa pantas untuk dibenarkan, bukan? Kalimat itu memang tidak 100% salah, namun tentu 200% tidaklah benar :D Apa maksudnya? Maksudnya, ada sesuatu yang kurang tepat dari segi penempatan kata yang digunakan. Kata apakah itu? Ya, kata itu adalah BERAT dan didampingi oleh KILOGRAM. Kenapa tidak tepat? Jawabannya karena BERAT itu tidak sama dengan MASSA. Nah, sekarang giliran menjawab pertanyaan KENAPA MASSA DAN BERAT BERBEDA? Agar jawabannya mudah untuk difahami, perlu penjelasan ringkas sebagai berikut.


Massa dan Berat termasuk kelompok besaran. Pengertian besaran adalah sesuatu yang dapat diukur. Contoh besaran antara lain berat, massa, volume, suhu, kuat arus listrik, massa jenis dan lain sebagainya. Bermacam besaran ini dapat dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok yaitu besaran yang menjadi dasar dari besaran-besaran lain. Besaran ini tidak disusun dari besaran-besaran lain. Sebaliknya, besaran pokok dapat menyusun besaran-besaran lain. Besaran yang disusun dari besaran pokok biasa disebut besaran turunan. Besaran pokok dan besaran turunan ini mempunyai satuan yang berbeda. Dengan penjelasan tersebut, berdasarkan jenisnya, massa termasuk kelompok besaran pokok dengan salah satu satuannya yaitu KILOGRAM. Sedangkan berat termasuk besaran turunan yang disusun dari besaran pokok massa dan besaran gravitasi. Rumusnya yaitu

berat=massa x gravitasi

Satuan besaran berat ini yaitu NEWTON.

Nah, dengan penjelasan sederhana diatas, jawaban dari pertanyaan KENAPA MASSA DAN BERAT BERBEDA mulai terungkap. Jawaban dari pertanyaan KENAPA MASSA DAN BERAT BERBEDA yaitu KARENA MASSA DAN BERAT BUKAN BESARAN YANG SAMA. Perbedaan inilah yang menjadikan satuan dari kedua besaran itu pun juga akan berbeda. Seperti telah dijelaskan diatas bahwa massa bersatuan (salah satunya) kilogram dan berat bersatuan Newton. Jadi, kalimat yang lebih tepat seharusnya berbunyi Massaku sebesar "sekian" kilogram. Atau Beratku "sekian" Newton. Jadi anehkan? :) Iya, aneh karena kesalahan yang terjadi telah menjadi sebuah kebenaran yang dibiasakan.



sumber:http://www.kenapakarena.com/2010/02/kenapa-massa-dan-berat-berbeda.html