Kamis, 23 Agustus 2012

Kenapa Panjang SMS dibatasi 160 Karakter ?

 
Ketik teruuuss sms.., ampe jarinya jadi jempol smu ahahahahaha…, :D ., kegiatan yang satu ini udah jadi kegiatan sehari2 kita wkwkwk.. Kalo para ABG sms-nya disingkat2 gitu seh hehehe., kalo sms-nya bapak2 ibu2 biasanya full karakter soalnya gak ngerti bahasa sms hehehe :D , gak tau lagi kalo mereka gaul hahaha :D .
Nah kalo pas lagi sms panjang nih., biasanya akan kepotong menjadi beberapa sms, tiap sms dibatasi 160 karakter soalnya.. Tapi, kadang kita menyadari gak seh kenapa harus 160 karakter gitu looh? :D , kenapa gak 200 mungkin biar enak, ato brapa gituu :D .

Surat kabar harian LA Times di luar negeri sono udah melakukan investigasi tentang panjang maksimum karakter sms ini, dan mereka mendapati kalo yang paling dianggap paling bertanggung jawab atas pembatasan karakter sms ini adalah Friedhelm Hillebrand, orang kelahiran jerman.
Tahun 1985 silam, iaberusaha menyelidiki panjang maksimal sebuah text message dengan menggunakan mesin ketiknya, Friedhelm mulai dengan menulis beberapa kalimat dan menemukan bahwa ia selalu menggunakan karakter di bawah 160. Naah.., kemudian ia menetapkan angka 160 sebagai angka “ajaibnya” dan memaksakan standar baru pada semua GSM carrier. Orang ini bisa melakukannya karena jabatannya sebagai pimpinan dari nonvoice services committee of the Global System for Mobile Communications Group pada 1986. Yaah emang sih uda lama banget, tapi masih terasa ampe sekarang heheheh :D .
Dan ampe hari ini nih kita masih seolah2 terkekang dalam 160 karakter “ajaib” ber-sms ini hahahaha :D ., makanya pinter2-nya kita untuk nyingkat2 kata biar hemmat wkwkwk :D ., Keep sharing :) .