Minggu, 05 Agustus 2012

KENAPA PELANGI BERWARNA-WARNI?

 
Siapa tidak kenal pelangi? Kelihatannya, setiap orang kenal dengan pelangi. Ya, pelangi termasuk salah satu hiasan langit yang sangat menakjubkan. Hiasan langit ini begitu menakjubkan karena penampakannya yang unik namun tetap indah. Keunikan pelangi terletak pada waktu penampakannya yang terjadi pada saat matahari masih menyinari bumi. Sedangkan keindahannya terletak dari susunan warnanya yang begitu menyejukkan mata. Ada merah, biru, kuning ungu dan warna-warna lainnya. Lalu, KENAPA PELANGI BERWARNA-WARNI? Kenapa juga pelangi hanya muncul ketika sinar matahari masih menyinari bumi?
Pada bagian ini kita akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Sebelum kita akan menjawab secara langsung pertanyaan-pertanyaan itu, alangkah baiknya kita mengenal sifat-sifat dari cahaya ketika merambat dari sumbernya. Pengenalan sifat-sifat cahaya ini sangat penting karena proses kemunculan pelangi dengan ciri khasnya tersebut tidak akan lepas dari sifat rambatan cahaya. Perlu diketahui bahwa cahaya yang merambat mempunyai bermacam sifat, salah satunya yaitu DIBIASKAN. Apakah maksud dari DIBIASKAN itu?

Makna cahaya yang dibiaskan (atau pembiasan cahaya) yaitu pembelokan arah rambatan cahaya setelah menembus bidang batas dua medium rambatan yang berbeda. Contohnya ketika cahaya dari udara memasuki air, arah rambatan cahayanya akan dibelokkan. Pembelokan inilah yang disebut pembiasan.

Pembiasan cahaya tentu tidak hanya terjadi dalam rambatan cahaya dari udara ke air atau sebaliknya. Intinya, ketika cahaya merambat melalui dua medium bening yang berbeda, cahaya ini akan dibiaskan.

Setelah kita mengenal proses pembiasan cahaya, perlu dikenal juga konsep cahaya "putih". Istilah cahaya putih didasarkan pada percobaan Newton tentang penguraian cahaya menjadi bermacam warna. Istilah lain untuk cahaya putih yaitu cahaya (atau sinar) polikromatik. Cahaya polikromatik yaitu cahaya yang tersusun atas banyak warna. Salah satu contoh cahaya polikromatik yaitu cahaya matahari. Berdasarkan konsep PEMBIASAN dan CAHAYA POLIKROMATIK, kita akan mampu menjawab pertanyaan KENAPA PELANGI BERWARNA-WARNI?
Jawabannya KENAPA PELANGI BERWARNA-WARNI? yaitu KARENA CAHAYA PUTIH DARI MATAHARI DIBIASKAN OLEH TITIK-TITIK AIR DILANGIT. Pembiasan inilah yang akan menguraikan bermacam warna yang menyusun cahaya putih matahari tersebut. Dengan sebab ini, dapat diketahui pula jawaban Kenapa pelangi hanya muncul ketika matahari masih menyinari bumi.