Selasa, 07 Agustus 2012

KENAPA PISAU DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMOTONG ?

Pisau,siapa sih yang tidak mengenal benda ini? Benda ini cukup populer karena digunakan oleh hampir setiap orang. Mulai dari ibu rumah tangga hingga tentara, semua menggunakan benda ini sebagai "senjata". Bedanya, ibu rumah tangga menggunakannya untuk memotong bahan-bahan makanan yang ingin dimasak, sedangkan tentara menggunakannya untuk keperluan pertahanan diri. Nah, selain pisau yang populer dikalangan penggunanya, ada satu pertanyaan yang cukup menarik yang berhubungan dengan pisau. Pertanyaan apa itu? Ya, pertanyaannya masih berhubungan dengan fungsi dari sebuah pisau. Pertanyaannya yaitu; KENAPA PISAU DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMOTONG ?

Jawaban dari pertanyaan itu sebagai berikut:
Pisau sebenarnya hanya satu diantara alat-alat potong yang digunakan oleh manusia. Jaman dahulu, manusia menggunakan batu tajam untuk merobek daging hewan buruan.. Seiring perkembangan jaman, manusia membuat media lain untuk menggantikan fungsi dari batu tajam. Meski jaman telah berubah, namun prinsip sebuah benda dapat digunakan untuk memotong,merobek atau aktivitas yang semisalnya adalah sama. Prinsip itu bertumpu pada konsep TEKANAN.

Perlu diketahui bahwa tekanan suatu benda melibatkan dua unsur pokok. Dua unsur itu adalah GAYA dan LUAS PENAMPANG BIDANG TEKAN BENDA. Rumusnya sebagai berikut:

P = (F/A)

P adalah besarnya tekanan benda. F gaya yang diberikan benda dan A adalah luas penampang bidang tekan benda.

Berdasarkan rumusan itu dapat dilihat bahwa nilai tekanan sangat dipengaruhi oleh GAYA dan LUAS PENAMPANG BIDANG TEKAN BENDA. PERHATIKAN ! Jika nilai suatu gaya dari benda bernilai 100, nilai ini akan berkurang sangat banyak ketika bilangan pembaginya semakin besar. Sebaliknya, nilai 100 ini tidak akan berkurang banyak ketika bilangan pembaginya kecil. Nah, bilangan pembagi disini yaitu LUAS PENAMPANG BIDANG TEKAN BENDA atau A. Bahasa mudah untuk nilai A ini adalah KETAJAMAN atau KETUMPULAN suatu pisau. Semakin tajam suatu pisau, artinya nilai A-nya semakin kecil. Sebaliknya, semakin tumpul suatu pisau, nilai A-nya semakin besar. Berdasarkan pengertian ini kita dapat menjawab pertanyaan KENAPA PISAU DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMOTONG ?

Jawabnya KARENA pisau mempunyai permukaan yang tajam yang akan mempengaruhi nilai gaya yang diberikan kepada benda yang ingin dipotong. Nilai ketajaman ini berhubungan dengan LUAS PENAMPANG BIDANG TEKAN BENDA.