Kamis, 02 Agustus 2012

KENAPA SABUK PENGAMAN PADA MOBIL PENTING UNTUK DIGUNAKAN?

Baiklah, tidak usah berlama-lama dan bertele-tele, langsung saja kita simak tulisan terbaru dari blog ini. Pada posting kali ini, kita akan membahas mengenai sabuk pengaman pada mobil. "Kenapa sabuk pengaman pada mobil penting untuk digunakan?"

Sabuk pengaman pada mobil merupakan peralatan standar yang ada pada mobil-mobil moderen. Namun, bukan berarti sabuk pengaman ini hanya penting digunakan pada mobil-mobil moderen saja. Semua mobil seharusnya menggunakan sabuk pengaman ini. Apa alasannya? Kenapa sabuk pengaman mobil penting untuk selalu digunakan dalam berkendaraan? Berikut akan dijelaskan alasannya.

Sebelum langsung menuju jawaban dari pertanyaan "Kenapa sabuk pengaman pada mobil penting untuk digunakan?", terlebih dahulu kita akan mengenal salah satu hukum yang sangat populer mengenai kelembaman benda. Apa hukum itu dan apa pula kelembaman benda itu?
Hukum yang berkaitan dalam menjelaskan jawaban dari pertanyaan itu adalah hukum I Newton. Sudah tahu kan siapa Newton. Ya, Newton merupakan salah satu ilmuwan legendaris yang banyak menuangkan konsep-konsep keilmuwan yang selanjutnya kita kenal dengan hukum-hukum Newton. Salah satu hukum yang pokok dan penting yaitu hukum I Newton. Hukum I Newton ini berprinsip pada sifat kelembaman benda, yaitu sifat kecenderungan benda mempertahankan keadaannya. Berdasar pada hukum ini, sebuah benda akan cenderung untuk selalu diam atau bergerak dengan kecepatan tetap (konstan).. Inti dari hukum ini bahwa sebuah benda pada asalnya berada pada sifat "malas" untuk melakukan perubahan keadaannya. Jadi, jika benda tersebut diam, maka akan terus diam sampai ada "sesuatu" yang menggerakkannya. Demikian pula dengan keadaan benda yang bergerak, benda itu akan cenderung terus bergerak kecuali ada "sesuatu" yang menghentikannya. Nah, berdasar konsep inilah, jawaban dari pertanyaan "Kenapa sabuk pengaman pada mobil penting untuk digunakan?"dapat kita temukan.

Begini saudara-saudara, hahaha....sebuah mobil yang berjalan tentu bergerak...mesti lah...namun, meskipun mobil itu terus bergerak kedepan, pengendara mobil hanya diam diatas jok mobilnya, namun perlu diketahui bahwa pengendara mobil itu pada hakekatnya juga bergerak sesuai gerakan mobil. Nah...berdasarkan konsep kelembaman benda diatas, apa yang terjadi jika mobil tiba-tiba berhenti dari gerakannya? Mobil tentu akan berhenti, namun tidak dengan pengendara didalamnya. Pengendara yang sebenarnya juga bergerak sesuai gerakan mobil ini cenderung untuk mempertahankan gerakan maju ke depan. Disinilah kunci dari jawaban pertanyaan itu kita dapatkan. Bagaimana jika pengendara mobil itu dibiarkan bergerak sedangkan mobil tiba-tiba berhenti? Kejadian yang paling mungkin yaitu badan pengendara mobil ini akan membentur dashboard mobil atau stir mobil. Hemh,,,ngeri bukan? Jika kecepatan kendaraan sebelum berhenti tidak terlalu tinggi, efek benturan mungkin tidak terlalu berbahaya, namun jika mobil melaju dengan kecepatan tinggi, apa yang terjadi dengan pengendara ini, jawabannya tentu SANGAT BERBAHAYA KAWAN! Berdasarkan penjelasan ini, jawaban atas pertanyaan "Kenapa sabuk pengaman pada mobil penting untuk digunakan?" yaitu Karena sabuk pengaman dapat mengurangi resiko berbahaya dari sifat kelembaman benda. Dalam konteks ini, sifat kelembaman yang merugikan yaitu gerakan pengendara mobil yang cenderung ingin bergerak ke depan ketika mobil berhenti mendadak. Jadi, jangan lupa yang terus memakai sabuk pengaman ketika mengendarai mobil baik ada pak polisi atau tidak, hehehehe ;) 
sumber: http://www.kenapakarena.com/2011/03/kenapa-sabuk-pengaman-pada-mobil.html