Kamis, 02 Agustus 2012

KENAPA SUATU BANGUNAN MEMERLUKAN FONDASI ?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kita hidup diantara bangunan-bangunan. Bagi yang bersekolah, tentu bangunan sekolah merupakan tempat yang hampir setiap hari dia temui. Bagi yang bekerja di kantor, bangunan kantor merupakan pusat ketika dia bekerja. Bagi yang kuliah, bangunan kampus merupakan tempat utama untuk belajar. Bahkan, ketika seseorang sedang melakukan ibadah, seperti sholat, ia tetap tidak lepas dari bangunan, yaitu masjid. Nah, terbukti bukan bahwa kita hidup diantara bangunan-bangunan? Setiap saat, kita pun tidak lepas dari bangunan-bangunan. Meskipun kita hidup diantara bangunan-bangunan, seringkali kita tidak memperhatikan sesuatu yang menjadi ciri khas dari bangunan-bangunan tersebut. Apakah ciri khas itu? Ya, ciri khas itu berupa FONDASI dari suatu bangunan. Fondasi merupakan salah satu bagian bangunan yang wajib ada. Hampir semua bangunan pasti mempunyai fondasi. Lalu, KENAPA SUATU BANGUNAN MEMERLUKAN FONDASI ?
Sebelum menjawab pertanyaan itu, perlu diketahui bahwa fondasi bangunan adalah kontruksi yang menjadi penopang dari bangunan yang akan didirikan. Salah satu ciri khas dari fondasi yaitu ukuran permukaannya yang lebih lebar dari bangunan yang berada diatasnya. Pembuatan ukuran yang seperti ini tidak lain untuk menghasilkan pengaruh terhadap tekanan yang diberikan ke tanah. Ingat-ingat kembali pembahasan mengenai konsep tekanan yang dirumuskan seperti berikut:

P =F/A

Tekanan = Gaya Berat/Luas penampang benda pemberi gaya

Dalam rumusan itu terlihat bahwa nilai tekanan akan dipengaruhi oleh Gaya Berat dan Luas penampang benda. Benda yang memberi gaya berat dan kasus fondasi ini tidak lain yaitu bangunan-bangunan yang sedang kita bicarakan. Nilai tekanan yang diberikan oleh bangunan-bangunan yang mempunyai gaya berat itu hanya akan terkurangi hanya jika luas penampang yang menyentuh tanah diperluas. Semakin luas permukaan yang menyentuh tanah, gaya berat yang menekan tanah akan dapat diperkecil. Dengan konsep ini, jawaban dari pertanyaan KENAPA SUATU BANGUNAN MEMERLUKAN FONDASI sudah ditemukan.

Jadi KENAPA SUATU BANGUNAN MEMERLUKAN FONDASI? Jawabannya KARENA fondasi dapat mengurangi Tekanan akibat Gaya Berat dari suatu bangunan dengan prinsip memperluas bidang tekan yang bersentuhan dengan tanah.