Kamis, 09 Agustus 2012

Redwood , Pohon Terbesar di Dunia

Pohon terbesar di dunia dengan tinggi kurang lebih hampir mencapai 40 meter!! wah.. klo diitung – itung ya mungkin tingginya sama dengan tinggi menara radio di indonesia kali ya? hoho.
Dia adalah raksasa dalam dunia flora. Tumbuh sampai setinggi 50-85 meter, dengan diameter batang 5-7 meter. Jadilah tumbuhan ini sebagai pohon terbesar di dunia.

Ia punya banyak nama. Lazim disebut giant sequoia, sierra redwood atau big tree. Lebih populer dengan sebutan “redwood” saja, yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai sequoia raksasa, pohon merah atau pohon raksasa.
Menyandang nama Latin Sequoiadendron giganteum, pohon ini merupakan satu-satunya spesies dari genus sequoiadendron. Tetapi ia termasuk salah satu dari tiga serangkai pohon redwood yang tumbuh di hutan konifera dari keluarga cupressaceae. Dua “kerabat” lainnya adalah redwood pantai (coast redwood-Sequuoia sempervirens) dan redwood fajar (dawn redwood-Metasequoia glyptostroboides).
Bukan hanya ukurannya yang luar biasa besar, sequoia raksasa ini juga berusia sangat tua. Berdasarkan lingkar kayu bagian dalam batangnya, pohon tertua yang pernah diteliti dari jenis ini tercatat sudah berusia 3.200 tahun.
Berdasarkan catatan, pohon terbesar dari jenis sequoia raksasa ini tumbuh di Giant Forest of Sequoia National Park di Amerika Serikat, wilayah timur Visalia, Kalifornia. Pohon terbesar itu diberi nama Sequoia Jenderal Sherman.
Pohon ini umumnya berbatang cokelat kemerahan, mungkin karena itulah namanya menjadi redwood. Daunnya selalu tumbuh menghijau sepanjang tahun. Sementara biji-biji benihnya tersimpan dalam kelompok cone (corong) berukuran 4-7 sentimeter. Masing-masing kelompok corong bisa memuat 230 benih. Proses pematangan benih-benih tercapai dalam 20 tahun.
Pohon-pohon raksasa ini hanya tumbuh di wilayah barat Sierra Nevada, Kalifornia. Sebagian besar dilindungi di kawasan Sequoia and Kings Canyon National Parks dan Giant Sequoia National Monument.
Saking besarnya pohon ini, jika melintas di bawahnya, seolah-olah berada di negeri raksasa.