Rabu, 15 Agustus 2012

Tips : Mengobati Luka Bakar

Anak anda pernah tersiram air panas? anak tentu akan nangis kesakitan dan orang tua-pun panik. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Luka bakar adalah luka yang diakibatkan oleh air panas, terkena api dan segala sesuatu yang bersifat panas yang mengenai kulit atau tubuh kita.
Cara Mengatasi Luka Bakar :

1. Oleskan bioplasenton atau obat sejenis
Oleskan pada luka kulit yang terkena air panas (terbakar), kalau kulit sudah terluka (oleskan pada sekeliling luka). Bioplasenton ini berbentuk gel dan dingin bila dioleskan ke kulit. Ada baiknya sediakan dirumah sewaktu-waktu anda atau tentangga anda membutuhkan. Bila bioplasenton langsung dioleskan maka kulit tidak terlalu melepuh, tapi bila sudah terlanjur melepuh tetap oleskan biar dingin (biasanya 20 menit setelah tersiram air panas maka kulit akan melepuh dan berair. Jangan lihat gambar dibawah ini bila belum siap (agak mengerikan).
20 menit setelah terkena air panas (karena menunggu beli bioplasenton di apotek) :
Bagian yang terluka tidak perlu dioleskan, karena perih :
Dua hari setelah dioleskan bioplasenton, air mulai menyusut dan kali terlihat kisut. Bila sekiranya anak sudah tidak merasa sakit (kulit menjadi hitam) :
Masa penyembuhan, berikut ini gambar kaki anak yang terkena luka tersebut setelah dirawat dirumah selama 14 hari :
Keterangan : Untuk membersihkan luka bila kaki terkena infeksi, silakan disiram dengan larutan NaCL (beli di apotek harga 7.500 per botol, bentuknya seperti botol infus) untuk mengusap dan mengeringkan kaki dengan kasa steril (beli di apotik seharga Rp. 6.000).  Bila anda ragu konsultasikan dengan dokter, tidak harus dokter kulit.
sumber:http://blog.sinarweb.com/mengobati-luka-bakar/