Sabtu, 22 September 2012

10 Produser Musik paling terkenal di dunia

Sejarah musik memang diisi dengan seniman-seniman yang sangat berbakat. Tetapi album dan single yang bagus dari seniman tidak hanya keluar begitu saja. Dibutuhkan seseorang yang profesional untuk melihat bakat mereka dan menyajikannya dalam bentuk yang terbaik. Perusahaan rekaman harus membayar mahal orang yang dapat menemukan seniman-seniman yang berbakat dan disukai publik, dan orang yang mereka bayar itu disebut Produser.

1.The Neptunes 


Satu-satunya duo di list ini, The Neptunes-terdiri dari Pharrell Williams dan Chad Hugo. Memulai karir mereka dengan menerima single dari artis hip hop seperti Ol 'Dirty Bastard dan Busta Rhymes, mereka dengan cepat menjadi yang paling dicari. Dengan synth yang unik dan campuran sampel berat membuat semua seniman ingin bekerja dengan The Neptunes. Ada banyak produsen terkenal di musik pop, tetapi hanya sedikit yang menjadi bintang seperti The Neptunes.


2.Butch Vig



Setelah sukses sebagai komposer drummer dan soundtrack, Butch Vig memulai bisnis label rekaman dan studio rekaman. Dari awal karirnya memproduksi, Vig telah membuat nama besar untuk dirinya, dia paling berhasil di musik indie.


3.Daniel Lanois



Jika anda membeli rekaman musik rock modern di pertengahan hingga akhir 80-an, kemungkinan Anda pernah mendengar produksi dari Daniel Lanois. Sukses dalam musik klasik seperti The Unforgettable Fire dan The Joshua Tree dari U2.


4.Todd Rundgren



Jika Daniel Lanois adalah produsen yang membuat catatan besar di tahun 1980-an, Todd Rundgren melakukan hal yang sama pada Tahun 1970-an. Rundgren memulai karirnya sebagai seorang gitaris dan penyanyi untuk sebuah band rock bernama Nazz. Tidak puas dengan rekaman mereka, Rundgren belajar bagaimana untuk memproduksi album.


5.T-Bone Burnett



Musisi, penulis lagu dan produser T-Bone Burnett. Sebagai produser legendaris, Burnett telah memiliki campur tangan dalam beberapa album tradisional yang paling populer di tiga puluh tahun terakhir. Setiap kali seorang seniman ingin merekam sebuah album tradisional, mereka pasti pergi ke Burnett agar mendapatkan lagu dan suara yang mereka inginkan. Elvis Costello, Robert Plant, Allison Krauss, dan lain-lain memiliki album yang direkam oleh Burnett. Burnett juga seorang koordinator soundtrack berpengaruh seperti The Big Lebowski dan Brother O, Where Art Thou? Ketika dia tidak sibuk, ia juga membantu para aktor seperti Joaquin Phoenix dan Reese Witherspoon. Burnett juga menghasilkan banyak catatan pop besar untuk kelompok-kelompok seperti The Counting Crows dan The petunia.


6.Dr Dre



Pada tahun 80-an, seorang anak dari Los Angeles bernama Andre Romelle Young yang lebih dikenal dengan Dr Dre sibuk mendefinisikan suara West Coast rap music. Setelah awal yang sukses sebagai seorang DJ lokal, Dr Dre bertemu dengan pengedar narkoba dan rapper yang bernama Eazy-E dan mereka membentuk NWA. Setelah mereka bubar karena masalah keuangan, Dre memulai karier solo dan sukses dan menjadi produser untuk hampir setiap seniman rap yang terkenal. Dia bekerja pada catatan hit untuk Snoop Dogg, 2Pac, Eminem, 50 Cent, The Game, dan lain-lain.


7.Sam Philips



Ketika muda Sam Phillips menyadari dia tidak punya cukup uang untuk mengejar impiannya menjadi pengacara, ia memilih pilihan kedua dan pergi ke sekolah penyiaran. Mulai dari label kecil bernama Sun Records, Sam Phillips menemukan beberapa artis rock yang paling berpengaruh. Elvis Presley, Johnny Cash, BB King, Jerry Lee Lewis, Howlin 'Wolf, dan Carl Perkins para dewa rock ini jebolan dari Phillips. Produser populer ini mengizinkan penyanyi muda seperti Elvis untuk bermain-main di studionya dan berujung pada kesuksesan. Banyak orang telah sukses menjadi produsen Rock and Roll, tetapi hanya sedikit orang yang bisa menyamai Sam Phillips.


8.Berry Gordy



Berry Gordy merevolusi musik yang sedang populer, pada dasarnya ia menciptakan sebuah genre baru. Gordy membawa The Temptations, Smokey Robinson dan Miracles, Marvin Gaye, The Supremes, The Jackson 5, Stevie Wonder dan masih banyak lagi. Gordy sangat mengetahui bakat seseorang. Ia mampu membawa musik Amerika Hitam menjadi populer, sesuatu yang tidak pernah dimiliki orang lain. 


9.Phil Spector



Pemain musisi, penulis lagu yang dikenal sebagai Phil Spector menempatkan sentuhan akhir pada salah satu suara merek dagang lain di tahun 60-an. Spector dijuluki "The Wall of Sound"


10 George Martin



Pada 13 Februari 1962, seorang produser rekaman bernama George Martin mendapatkan penemuan paling penting dalam sejarah musik pop. Di audisi musisi muda di liverpool dia menemukan grup musik yang menjadi grup musik paling berpengaruh dalam sejarah musik, mereka adalah The Beatles. 



http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13862171