Alasan Mengapa Dokter Bedah Memakai Baju Hijau / Biru

Dalam ruang operasi ,terlihat para dokter mengenakan baju seragam berwarna hijau. Pada awalnya dokter mengenakan pakaian berwarna putih, sebab warna putih melambangkan kebersihan.
Walaupun sulit dipastikan mengapa dokter lebih memilih seragam berwarna hijau ketimbang warna lain saat mengoperasi pasiennya, Tapi Faktanya adalah warna hijau adalah lawan dari warna merah.
Warna hijau ini akan menyegarkan mata dari dokter yang melakukan operasi. karna si dokter selalu melihat benda-benda berwarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah ketika pembedahan.

Melihat warna merah terus menerus menyebabkan sinyal warna merah di otak akan memudarkan sensiviti terhadap variasi warna merah.
Alasan lainnya adalah, terus-menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan dokter yang melakukan operasi  merasa terganggu.
Jika warna baju-baju para dokter bedah berwarna hijau, maka hal ini akan menimbulkan Ilusi yang berdampak baik bagi dokter yang melakukan bedah. Sehingga sang dokter tidak hanya terfokus pada warna merah.
Itulah sebabnya para dokter menggunakan seragam berwarna hijau saat mengoperasi pasiennya.




 sumber:http://babloglo.blogspot.com/2011/09/mengapa-dokter-bedah-memakai-baju-hijau.html#ixzz25QthY0ys