Sabtu, 08 September 2012

Kenapa Lampu Rem Kendaraan Berwarna Merah…???










Hm.., iseng2 nyari macam2 nge-gombal (maklum lagi puber wkwkwkwkwk :D ) eh scara gak sengaja nge-klik link aneh.., ujung2-nya diarahin ke artikel bagus heheheheheh :D , yaitu alasan lampu rem berwarna merah., tapi kurang lengkap penjelasannya., jadi aku cari referensi laen deh :D . Dan akhirnya lengkaplah referensiku dan jadi postingan ini ehehheheheehhe :D .
Perna kepikiran gak kenapa dibuat merah? “aaah.. kan merah itu warne nge-jreng, jadi gampang diliat :D ” , ada yang bepikiran kaya gitu? yap., dibalik itu smua akan aku berikan alasannya kenapa dibuat merah :D .

Alasan Dibuat Merah

Ternyata ada sedikit ilmu fisika-nya loh dibalik warna itu  heheheheheheh :D , pemilihan warna ini dikaitkan dengan panjang gelombang tiap warna, mari kita lihat dibawah ini :
  1. Ungu = 380-450 nm
  2. Biru = 450-495 nm
  3. Hijau = 495-570 nm
  4. Kuning = 570-590 nm
  5. Jingga = 590-620 nm
  6. Merah = 620-750 nm
Perhatikan masing2 panjang gelombang dari warna2 diatas., mana yang lebih besar? yapp., merah. Setiap cahaya yang melewati atmosfer akan dihamburkan. Besarnya penghamburan cahaya tergantung dari warnanya. Warna merah adalah warna yang paling sedikit dihamburkan, sehingga dapat merambat dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan warna lainnya.
Ini juga alasan kenapa warna merah nampak nge-jreng dibanding warna lainnya :D , sehingga dengan warna ini pula orang dapat melihat tanda peringatan (rem) dan bisa berhati-hati dari jarak yang jauh. Ini juga alasan kenapa untuk lampu sign kanan dan kiri dipasang warna kuning., alasan fisika panjang gelombang inilah yang jadi penyebabnya :) .

Kalau Lampu Rem Diganti Warna Putih/Silver?

ABG skarang banyak yang ganti lampu rem mereka dengan warna putih,., biar keren gitu katanya.., biar gaooolll :D , padahal hal ini sangat membahayakan pengendara dibelakangnya, kok bisa? tanpa melihat panjang gelombangnya-pun sudah jelas kalau warna putih sangat menyilaukan mata.
Menurut artikel yang gue baca.., wkwkwkwk sok banget., kaya rajin2 baca aja wkwkwk…… :D , saat terkena cahaya yang menyilaukan, mata manusia akan mengalami ‘kebutaan sesaat’, kurang lebih selama 3 detik. Nah ini berarti mata kita akan kehilangan fungsinya untuk melihat saat sedang berkendara selama 3 detik. Kalo misalnya kecepatan saat berkendara kita adalah 20 km/jam, maka dalam 3 detik kurang lebih sejauh 15 meter akan kita lalui tanpa penglihatan yang cukup sempurna. Berbahaya Banget!!!! :(
Mengerikan kan?? bisa menimbulkan kecelakaan ntar..,. Tidak hanya dari lampu rem yang diganti jadi putih aja yang dapat mengakibatkan “buta sesaat” , tapi juga bisa dari sorot lampu dari arah depan kita, apalagi udah disorot eh lampunya warna silver juga.., bahaya banget!!!!.
Ini wacana bagi yang punya motor n mobil tuh., gak usa ganti2 warna lampu kita, insyinyur motornya uda mikir susah2 buat ngehindari hal yang tak diinginkan., eeeh malah pengendaranya yang kebanyakan tingkah., Belum lagi kalo pas ketahuan polisi., kena tilang lagi.., wkwkwkwkw… :D
Naah smoga wacana diatas dapat menambah pengetahuan kita tentang alasan dan bahaya yang dapat terjadi tentang warna standard pada motor/mobil kita., smoga bermanfaat… ^_^




sumber:http://tanyakenapa.staff.ub.ac./