Minggu, 23 September 2012

Resiko Keseringan Minum Soda













 Saat kita meminum soda, gula dan kafein segera menyeruak ke dalam tubuh memangkas energi kita. Meski sudah tahu mengenai gambaran buruk efek meminum soda, tetap saja banyak yang merasa tak keberatan dengan itu.


Hanya sedikit yang benar-benar peduli. Yang perlu diketahui di sini adalah bukan efek kita meminum soda hari ini, tapi efeknya dalam jangka panjang. berikut gambaran singkat, dalam beberapa tahun, apabila kita terlalu sering meminum soda.

1. Anda akan lebih gemuk

Menurut penelitian di Nurse Health Study yang memantau kesehatan 90 ribu perempuan selama delapan tahun menyebutkan minum soda tunggal setiap hari dalam seminggu ditambah menambah berat 4,5 kg dalam empat tahun.

2. Risiko diabetes meningkat

Dalam studi Nurses Health juga, dikatakan perempuan yang meminum setidaknya satu minuman berpemanis dua kali lebih mungkin untuk mengidap diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi minuman ini.kalo berkenan saya mo nambahin point no 2. Soda sarat akan fruktosa, pemanis buatan yang telah dikaitkan sebagai penyebab munculnya obesitas. Konsumsi soda juga telah dihubungkan dengan perkembangan diabetes tipe 2 karena kandungan gula dan dampaknya pada hormon tubuh.

3. Lebih berisiko penyakit jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2007 dalam jurnal Circulation dari American Heart Association, orang yang minum soda setiap hari selama empat tahun memiliki risiko 25 persen lebih besar mengalami peningkatan kadar gula darah dan 32 persen lebih mungkin mendapatkan kolesterol baik, Studi Nurses Health juga menemukan bahwa perempuan yang minum lebih dari dua minuman manis per harinya memiliki risiko 40 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung jika dibandingkan dengan perempuan yang jarang minum minuman manis.

4. Cenderung tidak sehat

Dalam beberapa penelitian, termasuk studi yang dipublikasikan dalam Circulation 2007, menunjukkan bahwa soda diet memiliki beberapa efek yang sama pada kesehatan seperti minuman soda biasa, walaupun memiliki tidak atau mengandung sangat sedikit gula. Mengapa? Karena, minum soda biasanya merupakan bagian dari gaya hidup keseluruhan yang tidak sehat.

5. Soda merusak gigi

Gula pada minuman bersoda dapat mengikis perlindungan gigi Anda. Gula dan bakteri di mulut akan bekerja membentuk asam karbol melalui karbonasi. Asam ini dapat melemahkan enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang serta kerusakan gigi.

6. Minum soda melemahkan tulang

Kebanyakan minuman bersoda mengandung fosfor dan kafein. Kedua bahan ini diyakini dapat menyebabkan osteoporosis. Para ahli juga khawatir jika kebiasaan ini terus berlanjut, kalsium pada tulang lama kelamaaan akan habis.

7. Soda membahayakan organ utama tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi minuman ringan secara rutin meningkatkan kemungkinan penyakit ginjal kronis, sindroma metabolik yang berhubungan dengan jantung dan penyakit hati kronis.

8. Soda sama sekali tidak memiliki nilai gizi


Ini adalah alasan utama untuk tidak minum soda. Soda sama sekali tidak memiliki nilai gizi. Soda hanya diisi dengan gula dan kalori. 
Sumber