Rabu, 19 September 2012

TAhukah Anda? Kenapa Kelelawar Tidur Terbalik?

Hm…, pernah terpikirkan gak pertanyaan ini? atau sebagian dari kita menganggap kalau kelelawar saat bergelantung itu adalah hal wajar jadi gak terpikirkan “kenapa” ? atau mungkin ada yang berpikir “aah.., itu sifat alamiahnya, udah diciptakan buat tidur kebalik” ? hehehehe…, apapun itu, ternyata ada alasannya knapa kelelawar tidurnya kebalik kayak gitu. 
 
Kelelawar adalah hewan yang berasal dari ordo Chiroptera (sedikit pengetahuan biologi hehehehehe :D ), merupakah hewan mamalia yang dapat terbang dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap. Meskipun kelalawar mempunyai kaki, namun hewan ini tidak dapat berjalan (merangkak) dan bahkan tidak dapat berdiri dengan baik, termasuk saat kelalawar tidur dia akan menggantung dengan posisi terbalik. oooww,…, gitu :D

Kelelawar Adalah Mamalia

Yap..,kelelawar adalah hewan mamalia, melahirkan anak dan menyusuinya. Kelelawar adalah satu2-nya mamalia yang dapat terbang. Kelelawar adalah hewan Nokturnal, yaitu hewan yang aktif pada waktu malam hari dan tidur pada siang hari. Hewan ini mengeluarkan suara ultrasonik untuk melakukan navigasi di tempat gelap. Suara yang ia keluarkan dipantulkan oleh benda yang ada di sekelilingnya, maka ia dapat mengetahui dimana ada rintangan, dan jalan yang harus dilalui.

Kenapa Terbalik?

Ok.., kita kembali ke pertanyaan awal, ternyata terbalik saat tidur ada alasannya loh…, nih alasannya :
  1. Karena kaki sayap kelelawar tidak cukup kuat seperti halnya burung dan tidak memenuhi kebutuhan mengangkat tubuhnya saat lepas landas.
  2. Kaki kelelawar tidak terlalu kuat untuk menopang tubuhnya dan berlari saat lepas landas
  3. Menggantung sangat menguntungkan, karena kelelawar bisa terbang dengan mudah, dengan cara ini kelelawar lepas landas dan memulai terbang
  4. Untuk menghindari predator, dengan menggantung hal ini memungkinkan kelelawar lebih sulit tuntuk dimangsa predator.
ooow…, jadi itu toh alasannya.., hm.., i see i seee :D

Bernyanyi Saat “PDKT”

ihiiirr…, PDKT nieeeh… ahhaahhaha…, ternyata gak hanya manusia yang PDKT, kelelawar juga gitu.,seperti dilansir oleh Liputan 6, penelitian terbaru dari Departemen Biologi Texas A&M serta Universitas Texas menunjukkan kalau suara yang kelelawar keluarkan ternyata tak melulu berfungsi sebagai pelacak benda, namun juga sebagia penarik pasangan. Saat si pejantan tengah melakukan pendekatan ia akan menyanyikan lagu cinta untuk menarik sang betina. ehem eheeem wkwkwkwk :D .
Dalam penelitian tersebut mereka menemukan beberapa suku kata yang digunakan untuk bernyanyi dibentuk ke dalam tiga kelompok yaitu, siulan, dengungan, dan getaran bunyi. Kelelawar terbiasa melakukan hal itu untuk menarik pasangan mereka dan memperingatkan saingan mereka agar jangan ikut campur. “apa loe!! ganggu gebetan gue., pergi sono” mungkin itu yang ada dalam hati kelelawar jantan biar gebetannya diganggu wkwkwkwkwk :D
Di kalangan hewan, hanya sejumlah hewan yang bernyanyi untuk menarik pasangannya. Paus dan burung yang termasuk diantaranya. Namun nyanyian cinta kelelawar ini memiliki karakteristik tertentu, cieeeeee wkwkwkwk :D . “Kami telah mempelajari bagaimana kelelawar mengeluarkan vokal mereka. Ternyata sangat spesifik dan terpola. Kini kita punya model yang tak hanya dapat digunakan untuk mempelajari kesamaan komunikasi dalam dunia binatang, tetapi juga dalam dunia manusia”, ujar Kirsten Bohn, peneliti dari A&M. hm…. gitu yaaa :)
Ok.., smoga ulasan diatas bisa nambahin wawasan kita semua
 
 
 
 
sumber:http://tanyakenapa.staff.ub.ac.id