Selasa, 23 Oktober 2012

10 Manfaat Penting dari Buah Durian

Photobucket
Durian punya cita rasa yang unik dan eksotis. Tidak semua orang suka bau durian yang menyengat. Namun, penggemat berat durian pasti sangat menyukainya. Ternyata, buah berkulit duri ini punya banyak khasiat bagi kesehatan lho. Apa saja? Berikut adalah sepuluh khasiat penting dari buah durian, seperti dilansir Healthmad.


1. Kesehatan kulit (Vitamin C 80 persen)

Vitamin C merupakan senyawa yang dibutuhkan saat membuat kolagen, protein penting yang ditemukan dalam kulit, tulang, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Hal ini juga berperan penting dalam penyembuhan luka dan setiap buah durian mengandung 80% kebutuhan vitamin C harian.

2. Membantu pencernaan (Thiamin 61 persen)

Durian kaya akan thiamin, vitamin B yang dapat membangkitkan nafsu makan dan menghasilkan asam klorida dalam lambung untuk pencernaan makanan yang tepat.

3. Mengatur kadar gula darah (Mangan 39 persen)

Durian dapat membantu mengatur kadar gula darah melalui bantuan senyawa yang disebut mangan.

4. Membantu melawan depresi (Vitamin B6 38 persen)

Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan depresi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien depresi memiliki kadar vitamin B6 yang rendah dalam tubuh. Vitamin B6 adalah salah satu nutrisi penting dalam memproduksi serotonin, zat kimia neorotransmitter yang mempengaruhi suasana hati.

5. Menghindari dan mengurangi sembelit (Serat 37 persen)

Durian dikenal kaya serat, karbohidrat kompleks yang menyerap air dan secara efektif mempercepat proses pemindahan massal melalui sistem pencernaan.

6. Menjaga kesehatan tulang (Potasium 30 persen)

Durian juga kaya akan potasium. Ketika bicara tentang kesehatan tulang, kita mungkin hanya akan terfokus pada kalsium. Namun, potasium juga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang lho. Potasium melindungi kalsium dengan mencegahnya terlalu banyak diekskresikan dalam urin.

7. Meringankan migrain (Riboflavin 29 persen)

Apakah Anda menderita migrain? Mengunyah durian dapat membantu meringankan rasa sakit di kepala. Riboflavin merupakan vitamin B yang ditemukan dalam durian, yang dapat digunakan untuk mengobati sakit migrain.

8. Menjaga kesehatan tiroid (Tembaga 25 persen)

Tembaga berperan dalam metabolisme tiroid, terutama dalam produksi dan penyerapan hormon.

9. Meningkatkan kesehatan kehamilan (Folat 22 persen)

Durian juga sarat akan folat, salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil dan wanita yang berencana untuk hamil. Folat sangat penting bagi pertumbuhan jaringan normal dan perlindungan terhadap masalah otak dan tulang belakang untuk bayi yang sedang berkembang.

10. Mencegah kram saraf dan otot (Magnesium 18 persen)

Mencegah kram otot adalah salah satu manfaat dari durian, yang merupakan sumber magnesium. Magnesium bekerja sebagai penghalang efek kimia dalam sel-sel saraf.
Buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Namun, mengonsumsi sesuatu secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi, makanlah dengan bijak!