Minggu, 28 Oktober 2012

Inilah Cara Kerja Pintu Otomatis

Ketika memasuki mall-mall tiba2 seolah2 ada yang membukakan pintu buat kita ., atau di pintu masuk gedung2 kantoran. Pernah terpikirkan gak kira-kira gimana cara kerja makhluk satu ini? :D ., ato mungkin karena cuma sebuah pintu, cuma dibuat mondar-mandir aja jadi belum pernah terpikirkan?
















Hm.., jadi pada umumnya., ada dua hal yang dipake sebage cara kerja pintu otomatis ini, yang pertama itu berhubungan ama berat badan, dan yang kedua adalah menggunakan cahaya.
Mari bahas yang pertama dulu, kalau diperhatikan, di depan bawah sebelum pintu masuk terdapat semacam pijakan besi. Pijakan inilah yang berfungsi sebagai saklar dan akan menggerakkan pintu agar terbuka.
Yang berikutnya adalah dengan cara sensor cahaya, biasanya sensor ini terdapat pada bagian atas pintu masuk, bentuk sensor ini semacam kamera dan mengarah ke bagian depan pintu. Sensor ini disebut dengan PhotoTube. Saat sensor terhalang oleh objek, yang dalam hal ini tubuh manusia, maka akan memberikan intruksi kepada mesin penggerak untuk membukakan pintu.
Penempatan sensor ini ada yang di atas pintu, ada juga yang di samping pintu. Penggunaan sensor semacam ini tidak hanya untuk pintu saja, ada juga yang dipasang sebagai sensor alarm keamanan sebuah toko. Jadi misal toko sudah tutup, sensor dinyalakan, begitu ada yang melewati pintu setelah itu, maka alarm keamanan akan berbunyi. Ada juga yang digunakan untuk mengamankan benda2 berharga, misal seperti di film-film action gituuu :) .
Ok, balik lagi ke cara kerja pintu otomatis. Jadi, simpel kan sebenarnya cara kerjanya? yaah tapi penemuannya tidak semudah yang dipikirkan hehehee :D . So, smoga bermanfaat :)