Sabtu, 13 Oktober 2012

Tips: 4 Langkah Cara P3K Mengobati Mimisan

 
Kalau dalam bahasa medis, mimisan disebut dengan Epistaksis, yaitu suatu pendarahan yang diakibatkan erosi atau pecahnya jalinan pembuluh darah kapiler di bagian dalam selaput lendir hidung. Umumnya niih., mimisan paling sering diakibatkan oleh keringnya selaput lendir hidung sehingga pembuluh darah menjadi rapuh dan dapat pecah oleh sedikit saja benturan atau gosokan.

Kata pak dokter niih., selaput lendir yang kering biasanya terjadi pada kondisi udara kering. Kebiasaan mengorek2 bagian dalam hidung, misalnya pada anak kecil, dan bersin atau mengeluarkan udara melalui hidung terlalu keras juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah hidung dan terjadilah mimisan.
Yaah emang niih,, diantara bagian tubuh lainnnya, hidung paling mudah untuk mengalami pendaran. Pembuluh darah kapiler yang terdapat di hidung sangat halus dan tersebar terutama pada bagian depan bawah hidung. Jadi jangan heran kalau misalnya saat berolahraga baseball dan terkena lemparan bola, maka pembuluh darah kapiler akan pecah.
Oh iya., mimisan juga dapat terjadi akibat kita kelelahan looh., misalnya habis berolahraga keras banget. Saat kita lelah, panas tubuh naik ke bagian kepala, kalau terlalu lelah kening akan terasa panas bukan? ini pastinya tergantung tingkat kelelahan dan kepanasan yang dialami tubuh, semakin panas suhu tubuh maka semakin mudah untuk memecahkan pembuluh kapiler dan terjadi mimisan.

Cara Mengatasi Mimisan

Berikut cara mimisan yang dapat dilakukan :
  1. Jepit seluruh bagian hidung yang lembek (tulang rawan) menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.
  2. Tekan dengan kuat bagian hidung yang dijepit tersebut kearah wajah (tulang wajah dibawah hidung).
  3. Duduk dengan posisi sedikit condong ke depan dengan kepala sedikit menunduk ke depan. Bersandar atau mendongak dapat menyebabkan darah mengalir ke dalam rongga sinus kepala dan tenggorokan, sehingga dapat menyebabkan tersedak atau masuknya darah ke dalam sistem pernafasan.
  4. Tahanlah posisi hidung dalam keadaan demikian selama minimal 5 menit. Lepaskan untuk melihat apakah darah sudah berhenti mengalir, dan ulangi kembali jika diperlukan sampai perdarahan berhenti.
Kalau mimisan yang terjadi sangat hebat, mengalami pendarahan banyak maksudnya, maka segera bawa ke dokter. Naah smoga dengan tulisan ini kita semakin berhati2 dan mimisan-pun dapat dihindari :) .