Jumat, 21 Desember 2012

10 Bendera Paling Unik dan Kontroversial di Dunia












Bendera adalah sepotong kain, sering dikibarkan di tiang, umumnya digunakan secara simbolis untuk memberikan sinyal atau identifikasi.Hal ini paling sering digunakan untuk melambangkan suatu negara untuk menunjukkan kemerdekaannya.Tapi kali ini,saya akan membahas tentang 10 Bendera Paling Unik dan Kontroversial di Dunia.Yuk kita lihat bendera apa-apa saja yang termasuk dalam kategori yang kita bahas sekarang ini 

1. BENDERA DANNEBROG
 
Sangat sulit untuk menentukan bendera tertua karena saking lamanya. Namun sudah disepakati kalo Dannebrog merupakan bendera tertua sebagai lambang negara. Dannebrog adalah bendera lambang Negara Denmark yang dipakai pada sekitar abad 13 – diperkirakan tanggal 15 Juni 1219. Inilah yang kemudian menginspirasi Negara-negara Scandinavia lainnya untuk memakai bendera. Austria juga meng-klaim kalo bendera tertua adalah milik Negara mereka, namun kemungkinannya bendera tertua mereka baru muncul pada tahun 1230

2. BENDERA SEMAPHORE
 
Bahasa ternyata tidak hanya dalam bentuk bicara dan gerakan, namun juga dalam wujud bendera. Bendera Semaphore adalah sistem untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan sinyal-sinyal visual bendera yang digenggam. Informasi disampaikan melalui kode yang ditentukakan oleh posisi bendera. Semaphore diadopsi dan banyak digunakan di dunia maritim di awal 1800-an. Sinyal Semaphore digunakan, misalnya, pada Pertempuran Trafalgar. Ini adalah masa di mana sistem semaphore modern angkatan laut ditemukan.

3. BENDERA NEPAL
 
Bendera Nepal adalah satu-satunya bendera di dunia yang tidak berbentuk persegi panjang. Benderanya merupakan kombinasi sederhana dari dua panji-panji tunggal. Warna merah adalah warna dari rhododendron, bunga nasional negara itu. Merah juga tanda kemenangan dalam perang. Batas biru adalah warna perdamaian.

4. BENDERA PUTIH
 
Bendera putih sudah diakui secara internasional sebagai tanda gencatan senjata, permintaan untuk negosiasi atau tanda untuk menyerahi. Sebuah bendera putih juga sebagai tanda kepada semua pihak bahwa negosiator yang mendekat tidak bersenjata, bermaksud untuk menyerah atau keinginan untuk berkomunikasi. Orang yang membawa atau melambai-lambaikan bendera putih tidak boleh ditembak. Penggunaan bendera untuk menyerah termasuk dalam Konvensi Jenewa.

5. BENDERA HITAM
 
Kebalikan dari bendera putih adalah bendera hitam. Bendera hitam, dan warna hitam pada umumnya, telah diassosiasikan dengan anarki sejak tahun 1880-an. Banyak kaum pemberontak yang menggunakan kata “hitam / black” dalam nama mereka. Sebagai tambahan, kalau bendera putih adalah lambang universal untuk menyerah kepada kekuatan superior, maka bendera hitam adalah simbol pembangkangan untuk menyerah.

6. BENDERA TRANSGENDER
 
Ini adalah bendera transgender, bendera kaum gay. Diciptakan pada tahun 2000, dan pertama kali dikibarkan di sebuah parade yang berlangsung di Phoenix, Arizona, tahun itu. Perancang bendera mengatakan bahwa arti bendera itu adalah: Warna biru muda adalah warna tradisional yang melambangkan untuk laki-laki, warna pink aadalah untuk anak perempuan, sedangkan warna putih di tengah adalah untuk mereka yang sedang dalam transisi.

7. BENDERA JOLLY ROGER

Jolly Roger adalah nama yang diberikan untuk bendera yang dikibarkan sebagai identifikasi bahwa awak kapal itu adalah bajak laut. Bendera yang diidentifikasikan sebagai Jolly Roger adalah tengkorak dengan tulang bersilang di bawahnya. Rancangan ini digunakan oleh beberapa bajak laut, termasuk Kapten Edward Inggris dan John Taylor.

8. BENDERA WEST AFRICAN

Inilah bendera dengan gambar paling aneh yang ada saat Kekaisaran Benin. Bendera ini merupakan satu dari empat yang dimiliki Museum Maritim Greenwich, dekat London. Ada beberapa ketidakpastian tentang asal-usul yang tepat dari bendera ini, apakah itu datang dari Benin sendiri atau digunakan oleh kekuatan sekutu-sekutunya Itsekiri. Nama “Kennedy” pada label kertas yang melekat pada bendera nampaknya mengindikasikan hal itu dibawa kembali oleh Laksamana FW Kennedy dari ekspedisi 1897 melawan Benin.

9. BENDERA PLANET MARS

Berikut adalah Bendera Mars dengan tricolor yang digunakan untuk mewakili planet Mars. Meskipun belum resmi dalam arti hukum, namun telah disetujui dan digunakan oleh, The Mars Society dan The Planetary Society. Bendera ini dirancang untuk menggambarkan “sejarah masa depan” Mars. Bar merah, yang terletak paling dekat dengan tiang, melambangkan Mars seperti sekarang ini. Tahapan melambangkan hijau dan biru pada kemungkinan terraforming Mars

10. BENDERA NAZI

Bendera Nazi mungkin merupakan bendera paling kontroversial dalam sejarah manusia. Bahkan dilarang untuk dikibarkan di sejumlah negara saat ini. Bendera ini dirancang oleh Hitler sendiri, yang berpikir perlu menggunakan warna yang sama seperti Kekaisaran Jerman dan harus efektif sebagai poster besar, karena dalam ratusan ribu kasus lambang yang sangat mencolok menjadi penyebab pertama kebangkitan dalam sebuah gerakan.