Kamis, 20 Desember 2012

5 Langkah Agar Tetap Awet Muda













Langkah Agar Tetap Awet MudaSeseorang tidak dapat melarikan diri dari kenyataan bahwa dirinya akan mengalami penuaan seiring berjalannya waktu. Tetapi Anda dapat menghambat tanda-tanda penuaan dini dan tampil awet muda hanya dengan menerapkan 5 langkah mudah.

Berikut 5 langkah yang dapat Anda lakukan agar tetap awet muda secara alami, seperti dilansir dari shape antara lain:


1. Penuhi asupan nutrisi ke otak

Apa yang Anda makan bisa mempengaruhi pikiran Anda. Sehingga sangat penting untuk mulai makan makanan yang sehat pada awal remaja atau memasuki usia dua puluhan tahun untuk mencegah tekanan mental. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, orang dewasa di Amerika yang berusia antara 18-24 tahun telah menderita gangguan kesehatan mental.

"Kelompok usia tersebut adalah usia dimana sesorang penuh tekanan terutama masalah ekonomi. Nutrisi yang tepat adalah faktor kunci dalam memerangi kondisi yang berhubungan dengan tekanan mental seperti menghindari makanan olahan, gula, kafein, dan alkohol. Ini akan mengurangi permintaan pada kelenjar adrenal, yang bertanggung jawab untuk mensekresi kortisol (hormon stres) dan berperan dalam mengelola metabolisme," kata Dr. Jennifer Landa, MD, kepala BodyLogicMD dan penulis buku The Sex Drive Solution for Women.

Dr. Landa merekomendasikan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B, C, dan magnesium untuk mendukung kesehatan kelenjar adrenal. Otak yang sehat dan kondisi mental yang kuat akan membuat Anda tampak awet muda.

2. Menyeimbangkan hormon

Kadar hormon yang seimbang dapat memerangi kondisi penuaan, termasuk insomnia, libido rendah, kehilangan memori, dan berat badan yang tidak diinginkan.

"Hormon mengendalikan segala sesuatu dalam tubuh, bertindak sebagai pembawa pesan kimia tubuh untuk memastikan fungsi optimal. Misalnya, testosteron rendah dapat membuat menurunkan libido Anda, sementara rendahnya tingkat progesteron dikaitkan dengan insomnia dan gangguan tidur lainnya, "kata Landa.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kortisol terlalu banyak dapat menyebabkan pikiran berkabut dan berat badan yang tidak diinginkan. Proses penuaan memang tidak dapat dihindari, tetapi dengan menjaga keseimbangan hormon melalui gaya hidup sehat dapat membuat Anda tampak lebih muda dari umur Anda sebenarnya.

3. Kontrol stres agar tidak kebablasan

"Stres kronis dapat meningkatkan jumlah kortisol yang disekresikan setiap harinya dan menyebabkan penambahan berat badan, lekas marah, insomnia, gangguan mood, libido rendah, gula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi," kata Landa.

Dr. Landa menyarankan untuk melakukan teknik pernapasan perut yang dalam dan yoga untuk menurunkan stres. Latihan kardiovaskular juga membantu mengurangi stres karena meningkatkan kadar endorfin, hormon yang dapat memperbaiki suasana hati.

"Banyak wanita menghindari latihan ketahanan fisik, padahal latihan ini sangat penting untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mendapatkan penampilan yang ramping dan kencang," kata Landa.

4. Membangun kulit yang sehat

Organ tubuh terbesar adalah kulit dan dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan yang lebih daripada bagian tubuh lainnya.

"Tindakan preventif yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit Anda dari matahari adalah meningkatkan antioksidan dan memenuhi asupan vitamin A, C, D dan E. Makan buah-buahan organik berwarna cerah dan sayuran juga meningkatkan kadar vitamin ini. Vitamin bekerja lebih kuat sebagai tabir surya alami untuk tubuh dan membantu dalam pencegahan penuaan kulit dan kanker kulit," kata Landa.

Tentu saja penggunaan krim tabir surya setiap hari juga dianjurkan. Gunakan tabir surya yang aman berbasis titanium dioxide yang dapat melindungi terhadap sinar UV yang berbahaya.

5. Tidur yang cukup dan teratur

Para peneliti telah menemukan bahwa kualitas dan kuantitas tidur sangat penting untuk berbagai aspek kesehatan Anda. Tidur yang cukup juga membuat Anda lebih bugar setiap harinya dan tampak awet muda.

"Ketika Anda tidur, tubuh menjalankan semacam 'modus perbaikan', yaitu memperbaiki kerusakan dari aktivitas Anda seharian dan mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas selanjutnya, "kata Landa.

Idealnya, Anda harus memenuhi waktu tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Tanpa kualitas dan kuantitas tidur yang tinggi, metabolisme tubuh melambat dan dapat meningkatkan penyimpanan lemak visceral di sekitar organ Anda yang berbahaya," kata Landa.