Selasa, 25 Desember 2012

5 Tradisi Keluarga Merayakan Natal

Malam Natal memang paling nyaman jika dihabiskan bersama keluarga. Lantas apa saja yang bisa dilakukan dengan keluarga ketika malam Natal tiba? Simak berbagai tradisi keluarga di malam Natal seperti yang dilansir dari SheKnows.com berikut ini.

BerbagiPerayaan Natal identik dengan saling bertukar hadiah antar keluarga. Adanya momen tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk mengajarkan anak agar mau berbagi pada mereka yang membutuhkan. Misalnya, ketika malam Natal tiba, ajak keluarga berkunjung ke panti asuhan atau tetangga yang kurang mampu untuk membagikan makanan dan sedekah lainnya.
KadoAnak paling sulit menahan diri untuk tidak membuka kado Natal mereka sebelum hari Natal tiba. Maka dari itu, Anda bisa mengizinkan mereka untuk membuka satu kado saja di malam Natal. Kemudian sisanya baru boleh dibuka besok. Tradisi ini sekaligus mengajarkan anak agar mau bersabar.
GerejaSaat tengah malam, ajak keluarga untuk pergi ke gereja. Suasana Natal di gereja pasti terasa lebih kental daripada Anda hanya menghabiskan malam di rumah. Selain itu, pasti banyak gereja yang menawarkan pelayanan saat Natal tengah malam.
PrediksiBeberapa negara memiliki tradisi lucu di malam Natal, yaitu memprediksi peruntungan tahun depan. Misalnya orang Slovakia yang membuang Loksa (roti, air dan biji-bijian) ke langit-langit rumah. Jika Loksa menempel, konon panen akan berlimpah tahun depan.
Sementara itu, wanita lajang di Republik Ceko yang penasaran apakah mereka akan menikah tahun depan atau tidak akan berdiri membelakangi pintu. Mereka kemudian melempar sepatu melewati atas bahunya. Jika ujung sepatu menunjuk ke arah pintu, artinya wanita itu pasti akan menikah tahun depan.
SarapanKeesokan harinya, menyiapkan sarapan ketika Natal adalah tradisi yang juga bisa Anda lakukan bersama keluarga. Undang seluruh anggota keluarga untuk membantu Anda memasak atau mempersiapkan meja makan, kemudian nikmati sarapan di hari Natal bersama dengan menyenangkan.
Itulah berbagai tradisi yang bisa dilakukan saat malam Natal tiba. Apakah Anda dan keluarga juga punya rutinitas tertentu?