Minggu, 02 Desember 2012

Resolusi, Ketetapan Hati, Janji Diri menyambut Tahun Baru 2013

Photobucket
Istilah resolusi hidup biasanya menjadi populer pada setiap akhir tahun atau awal tahun. Apa itu resolusi hidup? Resolusi hidup adalah komitmen-komitmen yang ingin diraih pada tahun yang akan dilalui.
Dari pengalaman yang sudah-sudah, kebanyakan resolusi hidup yang saya dengar berisi target-target yang sifatnya materi dan kebendaan. Misalnya: 
Tahun 2013 saya membeli mobil model terbaru.
Apakah itu salah? Saya tidak perlu menilai salah atau benar. Saya hanya perlu menyarankan bila Anda membuat resolusi hidup lengkapi juga dengan target-target yang mengacu pada perubahan sikap dan perilaku. Untuk memudahkan dan membantu Anda membuatnya, saya menyarankan empat hal.
Pertama, coba tuliskan sikap dan perilaku positif baru apa yang akan Anda lakukan pada tahun 2013. Sikap dan perilaku ini sebelumnya belum Anda lakukan dan di tahun 2013 Anda benar-benar akan melakukannya. Contohnya: Tahun 2013 saya secara rutin berguru kepada mentor bisnis yang sudah teruji kredibilitasnya.
Kedua, coba tuliskan sikap dan perilaku positif yang akan Anda tingkatkan. Sebenarnya Anda sudah melakukannya di tahun 2012 namun pada tahun 2013 Anda akan lebih meningkatkannya. Contohnya: Tahun 2013 saya akan merutinkan menulis setiap pagi.
Resolusi tersebut tentunya cocok buat Anda yang selama ini sudah biasa menulis, entah itu di blog pribadi atau website lain, tetapi masih mengandalkan mood musiman.
Ketiga, coba tuliskan sikap dan perilaku negatif yang benar-benar ingin Anda buang di tahun 2013.  Jadi, jika selama ini Anda sudah menyadari bahwa sikap dan perilaku itu merugikan Anda atau tidak pantas Anda lakukan, maka di tahun 2013 Anda berkomitmen untuk membuang jauh-jauh sikap dan perilaku itu.
Keempat, coba tuliskan sikap dan perilaku negatif yang akan Anda kurangi. Ini menjadi sangat urgent apabila selama ini kebiasaan negatif itu sudah mendarah daging dalam perjalanan hidup Anda.  Anda mungkin sangat sulit membuangnya sekaligus, maka berkomitmenlah untuk membuangnya secara bertahap.
Dengan menambahkan empat hal tersebut, saya yakin resolusi hidup Anda tahun 2013 akan lebih bermakna. Selamat mencoba..
Salam SuksesMulia!