Selasa, 12 Februari 2013

Makna Tahun Ular

Ular merupakan salah satu dari 12 binatang dalam siklus zodiak Tiongkok, yang digunakan kalender Tiongkok. Ular merupakan hewan yang paling misterius, melambangkan kebijaksanaan dan kekuatan dengan martabat yang mengagumkan.

Orang yang lahir pada tahun 1893, 1905, 1917, 1929, 1941, 1953, 1965, 1977, 1989, 2001, dan 2013 berada di bawah tanda hewan ular.

Dari 12 hewan di Zodiac Tiongkok, ular adalah yang keenam, setelah naga. 12 tanda-tanda zodiak Tiongkok juga terkait dengan 12 cabang bumi, masing-masing. Cabang terkait (.) adalah: tikus (子, zi), sapi (丑, chou), harimau (寅, yin), kelinci (卯, mao), naga (辰, chen), ular (已, yi), kuda (午, wu), kambing (未, wei), monyet (申, shen), ayam (酉, Anda), anjing (戌, qu), dan babi (亥, hai).

Cabang bumi yang terkait dari tahun kelahiran seseorang merupakan salah satu Zodiac Tiongkok.
Orang-orang di negara-negara Barat penganut Kristen adalah hal lazim menyebut ular sebagai makhluk menyenangkan. Menurut Alkitab, ular telah menggoda Adam dan Hawa untuk memakan buah terlarang. Oleh karena itu, ular sering dianggap sebagai simbol kejahatan.

Orang-orang Tionghoa, bagaimanapun, kadang-kadang menyebut Tahun Ular tahun sebagai "Naga Kecil". Dalam legenda Tiongkok, ular sering disebut sebagai naga (yang dianggap makhluk menguntungkan). Menurut mitos Tiongkok kuno, Fu Xi, dikirim oleh Dewa untuk menyampaikan budaya orang-orang Tionghoa, digambarkan sebagai manusia dengan tubuh naga atau badan ular.

Di Jepang, ular putih dianggap sebagai Dewa kebahagiaan dan utusan Dewa kekayaan yang dapat mengembangkan bisnis dan kekayaan. Dalam Tahun Ular, orang Jepang akan memberkati satu sama lain dengan ucapan tentang perubahan yang akan datang dan keberuntungan karena pengucapan "kulit ular" dalam bahasa Jepang adalah seperti "kulit mengelupas." Selain itu, sejumlah toko di Jepang akan menjual dompet yang terbuat dari kulit ular putih karena dompet tersebut diyakini membawa keberuntungan dan kekayaan.

Kebanyakan orang memiliki kesan buruk terhadap ular, yang dianggap sebagai hewan negatif. Demikian juga, mereka yang lahir di Tahun Ular dianggap pendiam dan acuh tak acuh. Namun, mereka juga bisa emosional, humoris, dan menarik. Kesan pertama dan sifat yang melekat pada diri mereka sama sekali berbeda. Oleh karena itu, orang akan tidak punya masalah dengan mereka jika mereka mengabaikan kesan pertama. (EpochTimes/sua)