Kamis, 14 Februari 2013

Sekilas Tentang Filosofi Arti Cinta

Photobucket
Layaknya seorang Wanita, Cinta juga adalah sebuah Misteri yang sangat susah untuk dilukiskan.
Dalam lukisan Michael Angelo tentang arti Cinta hanya ada lukisan kedua tangan yang terbuka dan tampak seorang pemuda dengan baju kusut yang berjalan dari kejauhan. Filosofi arti Cinta bagi banyak orang adalah sebuah kata yang paradoks. Tidak ada satu ahli Filsafat pun yang tuntas memberikan Filosofi arti Cinta yang memuaskan. Saat jatuh cinta pun kita semua pasti setuju bahwa terlalu sulit menggambarkan perasaan cinta yang sedang kita alami. Lebih mudah menggambarkan sel terkecil dalam tubuh daripada melukiskan atau memberi gambaran Filosofi Cinta. Namun ada sebuah gambaran kecil mengenai Filosofi Cinta yang mungkin bisa memberi sedikit gambaran tentang arti Cinta.

Suatu saat ada seorang Pemuda yang bertanya kepada ayahnya. "Apa itu Cinta dan bagaimana cara agar aku mendapatkannya ?" tanya pemuda itu kepada sang Ayah. Ayahnya pun menghela nafas panjang dan memberikan sedikit gambaran Filosofi arti cinta kepada pemuda tersebut "Pergilah ketaman sebelah, pilihlah Bunga yang menurutmu paling indah dan bawalah kemari, namun jangan pernah kamu berbalik arah". Lalu pergilah pemuda tersebut ketaman sebelah rumah dan melakukan seperti yang diperintahkan.

30 Menit kemudian Pemuda tadi kembali tanpa bunga satupun ditangannya. Sang ayahpun bertanya "Apakah kau tidak menemukan bunga terindah dalam taman tersebut ?" Pemuda itupun menjawab "Ketika aku menyusuri seluruh taman dengan terus berjalan maju, sebenarnya aku melihat bunga terindah, namun aku abaikan sementara karena aku berpikir mungkin masih ada bunga yang lebih indah. Setelah aku susuri semua dan mengingat bahwa aku tidak boleh berbalik arah, maka aku baru sadar bahwa tidak ada bunga yang lebih indah lagi selain bunga terindah yang tadi aku lihat". Ayahnya hanya tersenyum dan berkata "itulah arti Cinta".

Semoga tulisan diatas bisa memberikan sedikit gambaran Filosofi arti kata cinta yang selama ini masih menjadi sebuah tanda tanya besar dalam kehidupan kita. Cinta bisa terluka, cinta bisa tertawa, namun ada 1 hal yang tidak dapat dilakukan oleh cinta, yaitu menunggu.