Selasa, 12 Maret 2013

17 Buah-Buahan Indonesia Yang Enak & Langka















Indonesia Tenyata kaya akan buah-buahan yang enak, kita patut bangga, berikut ini 17 buah-buahan asli Indonesia yang enak tapi langka , sudah pernah makan semuanya belum?

1. Buah Cempedak
"cempedak Berbuah Nangka" sebagian pepatah sering menggunakan bahasa itu, namun apakah Cempedak itu sendiri? banyak dari kita orang Indonesia tidak mengetahui itu, Cempedak adalah nama buah yang mirip dengan Nangka namun rasa, batang, dan musim buah nya berbeda. Kalau Cempedak rasanya lebih manis dari Nangka, kalau dari batang, Cempedak mempunyai getah yang lebih cair dibandingkan Nangka. Daunnya pun memiliki bulu-bulu putih yang tipis kalau Nangka daunnya tidak ada bulu-bulu tipis, nah kalau dari segi musim, Cempedak hanya berbuah satu tahun sekali. Cempedak juga cara mengambil isinya beda dari nangka yang agak rumit. Mengambil isi Cempedak tinggak diiris dari atas kebawah kulitnya lalu tarik aja keatas puluk nya (tengah dari buah yang lengket pada buah) maka secara otomatis isinya ikut terangkat semua, tinggal makan deh...
Cempedak dapat dibuat bermacam-macam makanan, dari manisan Cempedak, gorengan Cempedak (seperti pisang goreng namun isinya bukan pisang tapi cempedak), bahkan langsung dimakan seperti Nangka juga enak.
Cempedak ini kalau didaerah Indonesia banyak tumbuh didaerah Sumatra, seperti sumatra selatan, Sumatra Utara, Pulau Bangka, Pulau Belitung.
2.Buah Rukem 
Buah Rukem, hidup didataran daerah Sumatra, Pulau Bangka, Pulau Belitung, dengan pohon yang berduri, dan dengan rasa yang manis. Namun apabila masih mentah dan berwarna hijau maka rasanya sepet sekali. Buah ini biasanya di asin atau pun dimakan mentah
3.Buah Rambai
Kalau yang buah yang satu ini rasanya manis-manis masem, secara pisik mirip duku, namun buahnya berumbai-rumbai kebawah waktu didahannya. Kulitnya pun lebih tipis dari duku. Pohonnya relatif besar dari duku. Buah ini biasanya banyak digunakan untuk campuran masak ikan sebagai pengganti asam. dan tumbuh didaerah Pulau Bangka Belitung, kalau ditempat lain aku belum lihat.
4.Buah Kemunting atau Kerak duduk
Hidup di daerah yang berpasir berbuah tidak mengenel musim, buah ini rasanya manis dan enak. secara fisik buah ini kecil-kecil sekital sejempol orang dewasa, namun buah ini sangat banyak buahnya dalam tiap satu batang.
Pohonnya relatif kecil paling besar sebesar kaki orang dewasa, itu pun jarang kebanyakan hanya sebesar jempolan orang dewasa aja. Buah ini banyak terdapat didaerah pasiran Pulau Bangka dan Pulau Belitung.
5.Buah Kelubi
Buah kelubi hidup didaerah perairan yang ada didalam hutan, atau daerah air payau, buah ini mirip sekali dengan salak, saking miripnya banyak orang mengira ini adalah buah salak, namun rasanya sangat asam, biasanya sebelum dimakan buah ini diasinkan dulu untuk menghilangi rasa asamnya. hidup didataran pulau Bangka Belitung.
6.Buah Manau
Buah manau adalah buah dari pohon rotan, dimana buahnya memiliki rasa yang asam-asam manis, buah ini enak kalau sudah diasin. buah manau banyak terdapat didaerah kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Pulau Sumatra, Kalimantan. Buah manau dalam satu pohonnya dapat menghasilkan sampai setengah karung, buah ini biasa dijual didaerah pasar-pasar tradisional yang ada didaerah seperti Bangka, Belitung, Kalimantan.

7.Buah Rumbia
Kalau Buah Rumbia banyak terdapat di indonesia, karena Rumbia adalah pohon sagu. Jadi buah rumbia adalah buah yang dihasilkan dari pohon sagu. Buah ini rasanya manis-manis sepet. Biasanya diasinkan dulu untuk menghilangkan rasa sepetnya. Namun sepetnya buah Rumbia ini tidak sebanding dengan sepetnya buah Rukem yang mentah. Jadi kalau langsung dimakan biasa nggak masalah.

8.Buah Matoa

ini namanya buah matoa,, cm ada di PAPUA!
rasanya manis, campuran antara lengkeng, rambutan dengan sedikit rasa durian,, ane paling demen ini buah!
9. Buah Lay

 Nama buah ini adalah Lay, banyak ditemukan di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Timur dan Tengah, tampilannya seperti durian, tapi durinya lebih tajam, daging buahnya lebih tebel, dan warnanya kuning, rasa lebih manis, serta baunya tidak semenyengat seperti durian. Temen ane menyebutnya pepaken gan
10.Buah Gandaria
ada yang nyebut ramunia, entah bener atau engga'..cmiiw,

11 Buah Kemayau
Salah satu buah yang paling ane suka dari tanah kelahiran ane gan, bumi kalimantan..
cara masak buah ini, direndam dengan air panas gan, cukup 2-3menit aja, kalau dah lembek berarti dah bisa dimakan, jangan kelamaan, karena bisa jadi keras kayak batu kalau kelamaan gan...
cara makannya, kulitnya yang hitam itu dibuang gan, daging buah yang didalamnya yang kita makan. paling enak dicocol pake madu atau gula


12. Buah Kemang
Kemang (Mangifera caesia)

Buah kemang sejenis mangga, apabila telah matang berwarna kuning kecoklat-coklatan. Buah ini mengeluarkan aroma seperti terpentin. Daging buah berwarna kuning,mengandung banyak cairan dengan rasa asam manis. Buah yang masak dapat dimakan segar, sedang buah yang hampir masak biasanya dimakan untuk campuran rujak.


Daunnya yang masih muda dapat digunakan untuk lalap. Kemang menyebar secara alami di Sumatra, Kalimantan dan Semenanjung Malaya, dan banyak dibudidayakan di Jawa bagian barat,
terutama dekat Bogor. Tumbuhan ini terutama menyebar di dataran rendah
di bawah 400 m, jarang hingga 800 m dpl. Jenis ini tahan terhadap
penggenangan, dan seringkali didapati dekat tepi sungai.

13.Buah Kesemek
 Buah kesemek gan asal sumatera utara

14.Buah Sawo Jawa
waaahh yang ini juga sudah langka sekali Gan.
Di kampung ane cuma ada 1 orang yang punya, namanya SAWO JAWA
Buah ini rasanya manis saat matang. Rasanya Top markotop
15.Buah Ciplukan
iya ya,,sebenernya masih banyak buah2n yg enak tapi masih jarang orang tau,,ane baru beberapa aja yg pernah,,,ada lagi nih,,nma nya ciplukan,,,tumbuhnya sisemak2 or pinggir2 jalan,,kl udah mateng,,rasanya,,,manis2 asem,,,kaya ane

16.Buah Carica
Carica tumbuh di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, Sejenis buah pepaya tetapi ukurannya lebih kecil. Berbeda dengan pepaya carica ini memiliki aroma yang lebih wangi, daging buahnya lebih kenyal, dan rasanya asam
17.Buah Genitu
Genitu, Canitu, genitu atau Chrysophyllum cainito. Kabarnya buah ini kalau di Indonesia, aslinya dari Jawa Timur terutama Jember. Bentuknya mirip jambu biji. Kalau sudah matang buahnya empuk. Makannya, buah dibelah dua kemudian disendokin. Rasanya...agak manis, agak tawar, agak bergetah, agak berlendir... menurutku serba tanggung sih, malah katanya kalau masih muda rasanya sepet
Semoga Bermanfaat!

sumber:kaskus.us