Rabu, 15 Mei 2013

4 WAKTU TERBAIK UNTUK MENGISI BBM

Seringkali kita menyepelekan beberapa hal saat mengisi bahan bakar kendaraan kita (Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Bensin maupun Solar). Kita sering menganggap bahwa pengisian bahan bakar yang dilakukan kapanpun sepanjang hari adalah sama saja. Namun, ternyata waktu pengisian bahan bakar sangat mempengaruhi kualitas bahan bakar yang masuk ke dalam tangki bahan bakar kendaraan kita.
Saat pagi hari buta, atau larut lewat tengah malam adalah waktu terbaik mengisi bahan bakar, karena kondisi bahan bakar di waktu-waktu tersebut lebih jernih dan lebih bersih dari kotoran dibandingkan waktu-waktu lainnya. Kualitas dari bahan bakar sangat mempengaruhi kondisi mesin, karena dapat dipastikan, semua bahan bakar jelas harus kontak dengan mesin untuk selanjutnya dilakukan pembakaran. Bahan bakar dengan kondisi kotor tentu kurang baik untuk kesehatan kendaraan anda. Meskipun anda membeli bahan bakar tersebut di stasiun pengisian bahan bakar resmi sekalipun.  

1. Hindari Mengisi Bahan Bakar Saat Siang Hari

Pada saat siang hari yang terik, suhu bumi pun akan memanas. Maka terjadilah aliran konveksi pada deposit bahan bakar di dalam tangki penyimpanannya. Ketika waktu pergantian dari pagi yang sejuk ke siang yang terik inilah, bahan bakar akan mengalami peningkatan suhu sesuai dengan meningkatnya suhu tanah di sekitar tempat penyimpanan bahan bakar.

Dengan begitu maka akan terjadi aliran konveksi sebagaimana yang terjadi saat anda merebus air. Kotoran yang sebelumnya telah mengendap di bagian bawah tangki penyimpanan bahan bakar akan mulai terangkat naik, dan partikel ini dapat ikut terhisap oleh mesin penyedot ketika anda mengisi bahan bakar. Partikel ini dapat mengotori karburasi kendaraan anda.

2. Hindari Mengisi Bahan Bakar Saat SPBU sedang Melakukan Pengisian Deposit

Aliran dari bahan bakar yang sedang digelontorkan ke dalam tempat penyimpanan deposit bahan bakar akan membuat kotoran-kotoran yang telah mengendap sebelumnya di dasar tangki mulai memburai naik ke permukaan. Sangat besar kemungkinan kotoran ini ikut terhisap saat anda mengisi bahan bakar di waktu ini.

3. Keuntungan Membeli Bahan Bakar Saat Suhu Rendah

Di waktu suhu dingin, densitas dari bahan bakar berada pada kondisi yang paling tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi partikel bahan bakar berada dalam kondisi yang paling rapat, dan tentunya akan memuai saat suhu mulai beranjak naik. Maka dalam takaran volume yang sama, anda dapat memperoleh volume bahan bakar yang lebih banyak daripada ketika anda membelinya saat suhu dingin. Dua liter bahan bakar di saat suhu rendah jelas lebih banyak daripada dua liter bahan bakar yang dibeli ketika suhu tinggi. Jadi jika membeli bahan bakar saat musim dingin atau pada saat hujan turun, anda akan mendapat bahan bakar yang lebih baik.

4. Suhu Terendah Bumi Adalah Pukul 02.30

Pada saat siang hari, tanah di sekitar tempat penyimpanan menyerap panas dan akan tetap menyimpannya bahkan hingga malam hari dan kemudian melepasnya berangsur-angsur sehingga suhunya menurun pada saat sekitar pukul setengah tiga pagi saat benar-benar tidak ada panas yang tersimpan di dalam tanah. Pada saat itu juga tidak dijumpai hembusan angin, dikarenakan tidak adanya perbedaan suhu di permukaan bumi, begitu pula di dalam tangki deposit penyimpanan bahan bakar. Maka, dari poin-poin di atas, membeli bahan bakar pada saat ini akan jauh lebih baik dibandingkan dengan waktu lainnya.